WHO Temukan Strain Langka Virus Polio Di Pakistan

 

Matamatanews.com, PAKISTAN –Polio ialah salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerang anak-anak. Jika terinfeksi dapat menimbulkan kelemahan otot hingga kelumpuhan. Otoritas kesehatan Pakistan melalukan imunisasi polio massal untuk anak-anak usia dibawah lima tahun. Hal ini terkait adanya temuan strain langka virus polio oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Virus ini ditemukan WHO dari sampel air selokan bagian barat daya kota Quetta, Pakistan pekan lalu. Virus polio tipe 2 merupakan jenis strain polio yang sudah tidak pernah terdeteksi dalam satu dekade terakhir. Terkait hal itu, otoritas kesehatan Quetta bergerak cepat melakukan program imunisasi massal untuk 400 ribu anak usia dibawah lima tahun.

Seperti laporan yang dilansir Reuters, Syed Faisal Ahmed, Koordinator Emergency Operation Centre di Quetta, menyatakan program imunisasi masal tersebut dilakukan dengan menggandeng para pemuka agama karena tingginya resistensi imunisasi dari masyarakat, terutama dikalangan ekstrimis.

“Kami menggandeng pemuka agama dengan harapan mereka mempromosikan imunisasi polio dalam ceramah keagamaannya di masjid, terutama di pedesaan,” ungkapnya.

Ahmed menambahkan pada program imunisasi kali ini menyertakan juga vaksin bagi polio tipe 2. Menurutnya hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi polio tipe 2, meskipun sampai saat ini belum pernah terjadi di Pakistan.

“Kami sudah mengalami kemajuan dalam hal imunisasi polio. Namun, kami masih harus berjuang untuk membuat Pakistan sebagai negara bebas polio,” ujarnya.

Pakistan merupakan salah satu dari tiga negara selain Afganistan dan Nigeria yang masih endemis polio. Ini disebabkan tingginya resistensi imunisasi dari kalangan ekstrimis bersenjata seperti Taliban dan Jundullah yang menyebut imunisasi merupakan program Barat untuk memata-matai pergerakan mereka. (adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response