Brebes Rawan Bencana Pemkab Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

 

Matamatanews.com, BREBES—Mengantisipasi berbagai kemungkinan resiko bencana alam, Pemerintah Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Kodim 0713/Brebes menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana 2019. Apel dipimpin Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, di halaman Islamic Center Jalan Yos Sudarso, Brebes, Rabu (9/1). Sejumlah  unsur yang terlibat dalam tanggap bencana hadir sebagai peserta termasuk berbagai alat tanggap bencana juga dipamerkan disiapkan. 

Bupati Brebes berharap, pelaksanaan apel ini dapat membawa dampak positif sekaligus pembuktian bahwa  semua akan selalu tanggap dalam penanggulangan kebencanaan.

Bencana tidak bisa dicegah, yang bisa kita bersama lakukan adalah antisipasi dan penanganan dalam upaya meminimalisir korban jiwa dan kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh suatu bencana, ujar Idza.

Bupati sangat mengapresiasi atas kesiapan seluruh stakeholder terkait, baik Pemerintah Kabupaten, TNI, Polri beserta relawan dari masyarakat dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana.

Dia mengingatkan bahwa Brebes merupakan daerah yang memiliki Geografis dan demografis yang cukup komplit dari daerah pantai, dataran hingga pegunungan ada,  sehingga Brebes menyimpan potensi bencana yang cukup besar. Terbukti tahun lalu, Brebes dilanda banjir dan longsor bahkan sempat menjadi isu nasional.

"Memasuki Januari, kita sudah merasakan intensitas hujan yang cukup tinggi. sehingga perlu adanya kewaspadaan agar nantinya bisa meminimalisir dampaknya," jelas Idza. 

Sebelum apel dimulai, Bupati  didampingi Dandim 0713.Brebes Faisal Amri, Wakapolres dan Forkopimda lainya melakukan pemeriksaan peserta apel. 

Satu persatu dilakukan dialog dengan Dandim maupun Bupati. Mereka yang tergabung dalam barisan apel seperti  Kodim 0713, Polres Brebes, Satpol PP, Linmas, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), DPU, Dinas Kesehatan, PMI, SAR, Damkar, LPBI NU, FKPPI, Pramuka 

Sementara Komandan Kodim 0713 Brebes Faiza Amri  mengajak seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat untuk tanggap terhadap ancaman bencana, mengingat bencana tidak bisa dicegah.

Dikatakannya, bencana hanya bisa di tanggulangi dan diantisipasi, penanggulangan bencana juga tidak lagi dititik beratkan hanya pada penanganan kedaruratan namun lebih kepada upaya pengurangan resiko bencana itu sendiri.

Turut hadir dalam Apel tersebut, antara lain Anggota DPRD Brebes Siti Mazkiyah SH MMKes, Dandim 0713 Letkol Infantri Faizal Amri, Wakapolres Brebes AKBP Faizal Perdana SIK, Assisten I Setda Brebes Athoillah Msi, Kepala BPBD Brebes Ir Nuhsy Mansyur MSc, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, camat serta tamu undangan lainya. (Hhms /Purwanto) 

 

 

sam

No comment

Leave a Response