Dies Natalis Fapet Unsoed Ke 54 Diisi Jalan Sehat dan Launching Chicken Meat Shop

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Humas Dies Natalis Fakultas Peternakan Unsoed ke-54 Alief Einstein menjelaskan bahwa keberhasilan Fakultas Peternakan (Fapet) Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman) Purwokerto menggelar berbagai acara dies pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa Fapet Unsoed saat ini menjadi bagian yang menyesuaikan diri untuk berkomitmen terus dan berpartisipasi aktif dalam menciptakan komunitas pendidikan tinggi berskala internasional. "Lulusan Fapet Unsoed banyak dibutuhkan industri peternakan yang selalu berkembang baik off farm maupun on farm, bank, berbagai perusahaan swasta, dan Aparatur Sipil Negara, "ungkap Einstein.

Einstein menambahkan, dalam rangka Dies Natalis Fapet Unsoed ke 54 tahun 2020 (10 Februari 1966 – 2020) Fapet Unsoed mengadakan berbagai agenda yang dilaksanakan secara meriah. Diawali dengan berbagai acara di antaranya Do’a Bersama yang dipimpin oleh Ir.H.M.Nuskhi,MSi., Jalan Sehat, Launching Chicken Meat Shop, Acara Tasyakuran, dan serangkaian kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2020.

A. Jalan Sehat

Jalan sehat dalam rangka dies natalis Fapet Unsoed ke 54, dilaksanakan pada hari Sabtu (08/02/2020). Acara dimulai pukul 07.00 WIB dilepas oleh Dekan Fapet Prof.Dr.Ismoyowati,MP. Dalam sambutannya Prof.Dr.Ismoyowatu,MP menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan peran serta masyarakat di lingkungan kampus, keluarga civitas akademika, lembaga mitra fakultas, dan alumni yang telah berkontribusi mendukung kegiatan jalan sehat tersebut.

Sementara ketua panitia jalan sehat Imbang Haryoko,SPt.MP dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kerjasamanya baik di intern fakultas maupun mitra fakultas yang telah memberikan hadiah pada kegiatan jalan sehat tersebut. Imbang Haryoko menambahkan total hadiah ada 180 yang terdiri dari hadiah 3 super grand prize, 6 grand prize, 5 top prize, 30 hadiah utama dan 141 hadiah hiburan. 

"Jalan sehat diikuti 402 peserta yang terdiri dari warga sekitar kampus, mahasiswa, alumni, tenaga pendidikan, tenaga kependidikan, dan purna tugas. Rute yang ditempuh sepanjang sekitar 5 kilometer mengelilingi kelurahan sekitar kampus, yaitu kelurahan Karangwangkal, Arcawinangun dan Grendeng.

Masyarakat di sekitar jalan yang dilalui jalan sehat akan merasa bersyukur, terhibur, senang, dan gembira, sebab mahasiswa Fapet Unsoed dan panitia saat jalan sehat membagikan 250 butir telur ayam rebus dan 250 cup susu kepada masyarakat yang ditemui dijalanan, " ungkapnya.

Setelah finish para peserta jalan sehat diberi kesempatan istirahat sejenak sambil menikmati makanan ringan Snack dan Susu Sapi. Pada kesempatan ini peserta dimanjakan dengan "cemilan" tambahan berupa ratusan potong ayam goreng yang di prakarsai oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia melalui anak Perusahaannya PT. Cemerlang Unggas Lestari.

B. Launching Chicken Meat Shop

Selesai jalan sehat Fakultas Peternakan Unsoed jalin kerja sama dengan PT. Charoen Pokhpand Indonesia. Sabtu (08/02/20). Secara resmi kedua belah pihak menyatakan sepakat bekerjasama dalam rangka memberikan pelayanan dan pemenuhan nutrisi hewani berupa daging ayam potong. Ini merupakan bagian dari edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat akan pentingnya nutrisi hewani dari daging ayam yang sehat.

Inkubator Bisnis Fakultas Peternakan Unsoed diresmikan ditandai dengan pemotongan pita oleh Dekan Fapet Unsoed dan perwakilan dari PT. Charoen Pokhpand, secara simbolis menandai dimulai beroperasinya kios daging ayam itu secara resmi. Pemotongan pita di lakukan oleh Dekan Fapet Unsoed Prof.Dr. Ismoyowati,SPt,MP didampingi oleh para Wakil Dekan. Sedangkan dari pihak PT. Charoen Pokhpand Indonesia  pemotongan pita dilakukan oleh Endarto Tri Prajoko,S.Pt selaku RPA Jawa Tengah didamping oleh  Eko Budi L,SPt, selaku Area Head Marketing Jateng I, Ruby Kutanto, S.Pt, Sub Area Head PT.Cemerlang Unggas Lestari.

Chicken Meat Shop memberikan jaminan harga dan kualitas daging yang baik, dari harga yang termurah, PT. Cemerlang Unggas Lestari dalam menawarkan produk daging ayam yang berkualitas, dengan pengawasan ketat dari pemerintah, serta izin dari MUI disamping proses penyembelihannya sesuai dengan kriteria halal.

Launching Chicken Meat Shop ini diharapkan akan dapat membawa angin segar dalam dunia pendidikan dan dunia peternakan.

PT. Cemerlang Unggas Lestari yang merupakan anak Perusahaan PT. Charoen Pokhpand Indonesia menjalin kerjasama dengan Fapet Unsoed dalam bentuk usaha Kios Daging Ayam dan Daging Ayam Olahan.

Pada Sambutannya Pimpinan RPA Jawa Tengah Endarto Tri Prajoko,SPt, mengatakan latar belakang PT. CPI bekerjasama dengan Fapet dalam bidang Peternakan adalah sangat antusias, karena meatshop menyediakan produk daging ayam berkualitas dan di "bandrol" dengan harga ekonomis dimana "segmen" awal adalah untuk kalangan tenaga pendidik, mahasiswa, dan masyarakat sekitar kampus. 

Di samping itu menurutnya di area kampus peternakan, mahasiswa dapat praktek langsung dan bisa jadi media pembelajaran mahasiswa dan mengedukasi masyarakat sekitar akan daging yang sehat juga berkualitas.

"Produk PT. CPI lebih sehat, higienis karena di awasi oleh badan pemerintah dan dari sisi kesehatan higienis karena bersertifikat halal dari MUI karena proses pemotongannya sesuai ketentuan, " tambahnya.

Dekan Fapet Unsoed Prof.Dr. Ismoyowati,SPt,MP dalam sambutannya mengatakan Fapet Unsoed memiliki SDM yang sehat, semua itu berkat produk peternakan yaitu daging, susu dan telur. Harapannya civitas akademika bisa mengembangan kreatifitas yang luar biasa sesuai tema Dies Natalis ke 54 “transforming ideas into action”.

"Mudah-mudahan gagasan kita dapat dikembangan dengan bentuk yang nyata agar bisa berkembang dan membantu ketahanan pangan di Indonesia, " pintanya.

Untuk itu menurutnya Fapet Unsoed bekerja sama dengan PT. Charoen Pokhpand Indonesia dengan membuka  kios daging (Chicken Meat Shop) dari anak perusahaan PT. Charoen Pokhpand Indonesia, PT. Cemerlang Unggas Letari. "Mudah-mudahan adanya kerjasama usaha Iinkubator Bisnis tersebut akan mewadahi mahasiswa untuk kegiatan pembelajaran karena pada perkuliahan di Fapet juga memiliki mata kuliah industri perunggasan dan mata kuliah pemasaran, " tambahnya.

Ismoyowati berharap kepada para dosen bidang perunggasan dan pemasaran jika praktikum mahasiswa, mereka diminta berjualan dengan target poin dan apabila bisa mencapai target tersebut akan mendapatkan point "bintang lima”.

Dia berpesan kepada pihak PT. CPI agar ikut membantu memberikan edukasi bagi masyarakat bahwa daging ayam yang segar dan sehat itu yang dipotong secara higienis memenuhi standar halal dan juga kesehatan. " Peternakan tidak hanya proses pemeliharaan baik pemberian pakan, perlakuan dan kesehatan hewan yang hanya menghasilkan ternak yang bagus, tetapi konsep ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) harus diperhatikan sejak awal, " pungkasnya. *(hen/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response