Satgas PPKM Mikro Purwokerto Selatan Kembali Gelar Operasi Prokes Di Pasar Tradisional

 

Matamatanews.com, BANYUMAS – Penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) dilakukan untuk menyadarkan masyarakat agar mereka tetap menerapkan protokol kesehatan, terlebih dalam hal pemakaian masker. Disamping untuk menjaga kesehatan, masker dapat melindungi diri dari polusi ataupun penularan penyakit melalui saluran pernapasan. Sesuai instruksi pemerintah, penggunaan masker di masa pandemi Covid-19 ini menjadi hal yang wajib bagi semua orang.

Menyikapi hal tersebut, tim gabungan PPKM berbasis mikro Purwokerto Barat yang terdiri dari Koramil 25/Pwt Selatan, Polsek Purwokerto Barat, Satpol PP Kecamatan Purwokerto Barat beserta pegawai unit kerja di lingkungan Pasar kembali menggelar operasi prokes penegakan disiplin PPKM Mikro. Senin (21/06/2021)

Operasi kali ini menyasar Pasar Manis Purwokerto Barat dan Pasar Cermai Purwosari, Kabupaten Banyumas. Operasi, dititikberatkan pada Pengawasan Protokol Kesehatan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro.

Komandan Kodim 0701/Banyumas melalui Danramil 25/Purwokerto Selatan Kapten Inf Syukur mengatakan, kegiatan operasi yustisi kali ini kembali menyasar pasar tradisional. Karena di tempat itu kata Danramil, menjadi tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, sehingga dipastikan dapat menimbulkan kerumunan.

Satgas PPKM "blusukan" masuk ke dalam pasar untuk memberikan himbauan serta teguran bagi pelanggar baik itu pedagang maupun pengunjung pasar yang kedapatan tidak mengenakan masker dan menjaga jarak.

“Kami terus berupaya menegakkan protokol kesehatan kepada para pedagang dan pembeli, dengan cara mengingatkan dan mengimbau untuk selalu mengenakan masker dan jaga jarak. Hal ini semata-mata untuk mencegah penularan Covid-19,” jelasnya.

Danramil mengungkapkan, pihaknya melakukan operasi yustisi dengan cara yang humanis, persuasif, dan dialogis untuk mengetuk hati masyarakat agar sadar tentang pentingnya memakai masker. 

“Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang beraktifitas selalu mentaati dan mematuhi protokol kesehatan dengan selalu melaksanakan 5 M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas,” pungkasnya. (Jack,hen).

redaksi

No comment

Leave a Response