Paket Sanksi Uni Eropa Terhadap Rusia Berdampak $25,5 Miliar

 

Matamatanews.com, MOSKOW—Pada hari Jumat, negara-negara Uni Eropa menyetujui paket sanksi kelima mereka terhadap Rusia, yang akan berdampak setidaknya US$25,5 miliar karena embargo batubara Rusia, veto impor vodka, dan larangan ekspor teknologi tinggi ke Moskow, Rusia.

Paket itu termasuk pukulan pertama bagi sektor energi Rusia melalui larangan impor batu bara dan bahan bakar fosil padat lainnya mulai Agustus. Langkah ini mempengaruhi 25 persen ekspor batubara Rusia dan akan berdampak sebesar €8 miliar.

Paket sanksi baru tidak mencegah impor minyak dan gas Rusia dari Eropa, yang memberi Rusia pendapatan sebesar €99 miliar pada tahun 2021. Uni Eropa juga melarang impor produk Rusia senilai €5,5 miliar seperti semen, produk karet, kayu, minuman beralkohol. , vodka, makanan kelas atas, dan kaviar.

Larangan mengekspor produk berteknologi tinggi ke Rusia akan berarti kerugian setidaknya €10 miliar pendapatan bagi perusahaan-perusahaan Eropa, yang tidak akan dapat menjual semikonduktor canggih, komputer kuantum, mesin "sensitif", bahan kimia, dan katalis khusus untuk kilang minyak. Ekspor bahan bakar dan aditif pesawat juga dilarang.

Uni Eropa juga mengadopsi sanksi dan pembatasan keuangan terhadap 217 politisi Rusia, pejabat propaganda, pengusaha dan oligarki, di antaranya adalah 179 anggota pemerintah dan parlemen wilayah Donetsk dan Lugansk.

Di bidang keuangan, aset empat bank Rusia yang sudah dikeluarkan dari sistem SWIFT akan dibekukan. Langkah ini akan membuat entitas ini, yang mewakili 23 persen dari sektor Rusia, sepenuhnya terisolasi dari pasar internasional.

Untuk "menutup celah potensial" dalam penerapan sanksi UE, pihak berwenang memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan Eropa tidak akan memberikan nasihat keuangan kepada Rusia dan mereka juga tidak akan dapat memberikan layanan aset kripto bernilai tinggi ke Rusia.

Di sisi lain, pelabuhan Eropa ditutup untuk kapal berbendera Rusia dan transportasi darat di UE dilarang untuk operator Rusia dan Belarusia. Namun demikian, pengangkutan obat-obatan, makanan, energi atau bantuan kemanusiaan dikecualikan dari ketentuan ini.

Partisipasi entitas Rusia dalam tender publik di UE diveto dan pembiayaan ke Rusia untuk semua program komunitas akan dipotong. Ukuran ini mempengaruhi program ilmiah seperti Horizonte atau Erasmus +.(bara/teleSUR/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response