Zolfaqar, Rudal Balistik Buatan Iran

 

Matamatanews.com,TEHERAN---Menteri Pertahanan Iran, Hossein Dehqan meresmikan produksi massal lini rudal balistik taktis baru yang diberi nama Zolfaqar pada hari Minggu (25/9). Rudal Zolfaqar merupakan rudal darat yang berbahan bakar padat serta mampu menghancurkan target hingga jarak 700 Kilometer.

Hossein menambahkan, Rudal Zolfaqar ini mempunyai karakteristik lain, seperti anti-radar, peluncur rudal yang dapat bergerak secara otomatis, akurasi tinggi, ringan dan taktis. Selain itu rudal ini mampu menghindari jamming sinyal dalam peperangan elektronik serta memiliki rangkaian hulu ledak yang mampu mengenai sasaran yang tersebar di darat.

Peresmian rudal ini bertepatan dengan Pekan Pertahanan Suci Iran, yang menandai awal peperangan Iran dengan Irak 36 tahun yang lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, Iran telah memperkuat sektor pertahanan dan telah mencapai swasembada dalam memproduksi peralatan militer.

Hossein menegaskan, desain dan produksi rudal Zolfaqar ini menunjukan tekad para ilmuan, peneliti dan pakar Kemenhan Iran untuk menunjukan kekuatan pencegahan. Selain itu, Iran telah berulang kali menyakinkan negara-negara lain bahwa kekuatan militernya tidak menimbulkan ancaman bagi negara-negara regional, semua itu hanya untuk pencegahan. (atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response