Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Ke 61 UMP Berjalan Lancar

 

Matamatanews.com, PURWOKERTOGedung Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto pagi itu dipadati ribuan wisudawan-wisudawati Sarjana dan Ahli Madya ke-61 Universitas Muhammadyah Purwokerto, Jawa Tengah Periode September Tahun Akademik 2018/2019. Acara  yang diselenggarakan pada Sabtu (22/9/2018) lalu tersebut dihadiri 1386 wisudawan-wisudawati.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Anggota Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Dr H. Marsudi Triatmodjo, S.H., LL.M,  BPH UMP Prof Dr. H. Daelamy. S. P., Drs. H. Muchaer,  Rektor UMP Purwokerto Dr. H Syamsuhadi Irsyad, M.H, Kepala Dinas Pendidikan Banyumas, Drs Purwadi,  Ketua PDM Kab. Banyumas Ibnu Hasan,  Senat UMP, Para Dekan, wakil Dekan, Kaprodi, dan para Dosen UMP, dan para Wisudawan/wisudiwati UMP serta para orang tua. 

Menurut panitia penyelenggara  jumlah wisudawan-wisudawati meliputi  Magister S2 sebanyak 16 orang dengan perincian jumlah wisudawan 6 orang dan wisudawati 10 orang. Sarjana S1 total 1252 orang dengan perincian jumlah wisudawan 392 dan wisudawati 860 orang. Diploma III  118 orang dengan perincian jumlah wisudawan 22 orang dan wisudawati 96 orang.

Dalam sambutannya Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H menyatakan bahwa perlu kita pahami benar ilmu yang kita peroleh sampai dengan saat ini hanyalah sebagian yang amat kecil dari luasnya ilmu Allah SWT, maka prestasi ilmu yang telah dicapai sampai dengan hari ini hendaknya menjadi pemicu untuk lebih mempertinggi ilmu kita agar pantas kita ini dipercaya sebagai " Khalifatullah fil Ardhi " atau wakil Allah dimuka bumi.

"Perkenankanlah kami sampaikan bahwa jumlah mahasiswa yang berhasil lulus adalah sebanyak 1389 Orang.  Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab UMP kepada bangsa dan negara Indonesia, " kata Syamsuhadi. 

" Pembinaan SDM akademik para dosen senantiasa ditingkatkan pada tahun 2018 ini. Dari jumlah 385 dosen yang dimiliki UMP  4 orang menyandang gelar  Profesor,  54 doktor/Phd, 314 orang magister dan  8 orang sedang dalam  studi lanjut S2 dan S3, " imbuhnya. Hingga saat ini UMP telah memiliki 32391 orang alumni pada jaringan internasional dan memiliki 68 kerjasama pada bidang riset dan pertukaran mahasiswa asing. " UMP sebagai pusat keilmuan telah memiliki 6 riset unggulan kelas dunia dan 59 laboratorium dengan teknologi modern yang digunakan sebagai fasilitas pembelajaran mahasiswa di dalam negeri. " kata rektor bangga. 

"Kita juga memiliki program pertukaran mahasiswa UMP dengan mahasiswa Papua melalui program *SPADA* . Selain itu UMP juga memiliki 77 Mitra strategis di dalam negeri diantaranya instansi pemerintah daerah , Rumah Sakit dan industri terkemuka di seluruh Indonesia bertujuan untuk membangun kepercayaan publik sehingga ketika para alumni dapat dengan mudah diterima oleh instansi terkait.

" Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat kepada lulusan terbaik dari Program Magister yaitu kepada saudara Kasim peringkat terbaik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3,80,  dari jenjang Sarjana terbaik pertama Denied Riana Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan IPK 3,98,  jenjang Diploma 3 lulusan terbaik  atas nama Septi Rahayu Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan dengan IPK 3,94, " ucap Syamsuhadi.

"Selamat saya ucapkan kepada wisudawan-wisudawati atas prestasinya yang diraih pada wisuda yang ke 61 magister sarjana dan ahli madya Universitas Muhammadiyah bisa tercapai dengan baik dan lancar. Kami beserta para Wakil Rektor, Dekan, Dosen mohon apabila selama memberikan ilmu kepada para mahasiswa  ada yang kurang berkenan dan banyak kekurangannya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, " imbuh Rektor.

Sementara itu sambutan juga disampaikan oleh PP Muhammadyah Majelis Dikti Prof Dr. H. Marsudi Triadmodjo, S. H., LL. M ( Anggota majelis Diklitbang PP Muhammadiyah).

"Kami dari Muhammadiyah mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati.  Pencapaian nilai IPK itu tidak mudah, perlu adanya perjuangan yang lama untuk menghasilkan prestasi itu, " kata Marsudi. "Para wisudawan dan wisudawati sekarang sudah secara langsung lepas dari pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto tetapi secara emosional Anda adalah bagian dari Muhammadiyah dan keluarga besar Muhammadiyah, " imbuhnya.

"Prestasi akademik dan non akademik di UMP ini merupakan peringkat ke 2 Sejateng dan no 6 Seindonesia atau Nasional. Kami sampaikan selamat kepada para orang tua mempercayakan putra putrinya menempuh pendidikan di UMP dan kami harapkan mendapat tempat pekerjaan yang layak dan sesuai dengan prodi masing-masing wisudawan dan wisudawati, " tegasmya. 

"Saya menggarisbawahi apa yang pernah dikatakan Rektor bahwa kita bisa bersaing dimanapun berada dengan keahlian profesionalisme yang tinggi dan menjadikan Universitas Muhammadiyah yang unggul modern dan Islami, "kata Marsudi.*(hendro)

 

 

sam

No comment

Leave a Response