Wisata Dieng Simulasikan Pembukaan Obyek Wisata

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng Banjarnegara kini tengah siap siap membuka kembali obyek wisata untuk umum. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara telah menggelar simulasi pembukaan wisata tersebut guna menyambut kedatangan wisatawan. Minggu (5/9/2021).

Kepala Disparbud Kabupaten Banjarnegara Drs Agung Yusianto M.Si, mengatakan, uji coba tersebut dilakukan di komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

“Pada kesempatan ini kami sampaikan bahwa hari ini kami melakukan simulasi pembukaan obyek wisata di kawasan wisata dataran tinggi Dieng. Tujuan kami mengadakan simulasi adalah bagian dari upaya untuk mempersiapkan diri ketika pada saatnya Banjarnegara PPKM pada level 2, maka obyek wisata akan kita buka,” kata Agung.

Agung menambahkan, dengan simulasi tersebut para pengelola maupun pihak pihak terkait seperti biro perjalanan bisa menyesuaikan dengan regulasi-regulasi yang ada. Jadi kata Agung, mereka harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini, salah satu syaratnya adalah wisatawan harus sudah divaksin dan penerapan protokol kesehatan.

“Pemerintah sudah menerapkan kebijakan terkait dengan pemberian vaksin. Karena itu salah satu persyaratan nanti selain protokol kesehatan 3M, satu persyaratan kita tambah yaitu pengunjung wisatawan harus sudah vaksin minimal vaksin yang pertama. Karena itu perlu kita sampaikan, pada saatnya nanti di lapangan semua pihak sudah tahu persis bagaimana kebijakan pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam membuka objek wisata yaitu persyaratan bagi wisatawan,” imbuhnya.

Namun demikian, Agung belum bisa memastikan kapan objek wisata Dieng akan kembali dibuka. Nantinya, obwis yang ada di sana akan langsung dibuka ketika PPKM sudah turun ke level 2, sedangkan saat ini Banjarnegara masih di level 3.

Salah seorang pelaku wisata Jojo, berharap agar obyek wisata segera dibuka. Karena menurutnya, pelaku wisata sudah job dan saat ini banyak yang hanya mengandalkan pada kunjungan wisatawan.

"Semoga obyek wisata di Banjarnegara segera dibuka, karena kami hanya mengandalkan pada obyek wisata,” harapnya.

Simulasi tersebut dihadiri unsur OPD terkait dan pelaku industri pariwisata khususnya dari wilayah Kabupaten Banjarnegara.(One/Jof/mjawi)

redaksi

No comment

Leave a Response