Waw !! Kuburan Massal Ditemukan Dekat Penjara Badoush

 

Matamatanews.com, MOSUL – ISIS diduga telah membunuh sebanyak 600 orang tahanan dalam penjara Badoush yang sebagian besar adalah warga Syiah. Akhir pekan lalu, penjara Badoush yang berada di wilayah Mosul berhasil direbut kembali oleh pasukan Irak.

Komandan pasukan Irak mengatakan, telah ditemukan kuburan massal yang diduga berisikan 500 jasad di dekat bangunan penjara Badoush. Sementara itu, pasukan al-Hashd al-Shaabi mengatakan bahwa kuburan massal tersebut berisikan sisa-sisa jasad tahanan sipil yang di eksekusi oleh tentara ISIS setelah berhasil menguasai Mosul.

Sebelumnya menurut laporan Human Rights Watch (HRW) dua tahun lalu mengatakan bahwa banyak narapidana pria yang dieksekusi oleh tentara ISIS pada waktu itu. Menurut laporan tersebut, tentara ISIS memisahkan narapidana Syiah dari napi sunni dan Kristen kemudian mereka dipaksa untuk berbaris dan berlutut di tepian sebuah lubang.

Menurut napi yang selamat pada waktu itu mengatakan bahwa setelah tentara ISIS berhasil menguasai penjara Badoush pada Juni 2014 lalu. Kemudian mereka mengumpulkan narapidana yang berjumlah sekitar 1.500 orang untuk diangkut dengan truk menuju kawasan yang terisolasi ditengah padang pasir.

Pada Rabu lalu, pasukan Irak dan militant berhasil merebut kembali penjara Badoush dari tangan pasukan ISIS. Operasi ini sendiri dijalankan oleh pemerintah Irak sejak bulan Oktober, kemudian berhasil merebut sisi timur kota sejak dua bulan yang lalu. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response