Waspada, Insomnia Dapat Tingkatkan Resiko Asma

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Para peneliti mengatakan kurang tidur dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan kadar hormon stres, kedua hal tersebut diketahui dapat memicu asma.

Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang sangat serius seperti jantung, depresi, gangguan kognitif, diabetes dan obesitas.

Waktu tidur yang kurang dapat beresiko terhadap sesak napas hingga penyakit asma meningkat sebesar 65 persen. Sedangkan untuk penderita insomnia, resiko terserang penyakit asma meningkat menjadi tiga kali lipat.

Dr Ben Brumpton yang memimpin penelitian tersebut mengatakan, “Terjadi perubahan dalam tubuh akibat insomnia, salah satunya dapat mengakibatkan efek yang berbahaya pada saluran napas”.

Di negara Inggris, sekitar 5,4 juta orang terkena penyakit asma dan salah satu yang menjadi faktor penyebab yakni waktu tidur yang sangat kurang tiap malamnya. Asma sendiri belum termasuk penyakit kronis, namun akibat asma tiga orang meninggal tiap harinya.

Dr Andy Whittamore dari organisasi Asthma UK mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan dan melihat seberapa cepat orang yang kurang tidur dapat terserang penyakit asma. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response