Wartawan Matamatanews Dilarang Meminta Imbalan dan Cari Proyek

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Pemimpin redaksi  online Matamatanews,SM Akbar meminta agar para pengusaha dan pejabat di daerah maupun pusat agar tidak memberikan imbalan atau amplop kepada wartawan atau reporter  media yang dipimpinnya dengan dalih apa pun. “Pemberian imbalan boleh saja bila terkait dengan jasa pemotretan atau lainnya yang tidak terkait dengan pemberitaan dan sejenisnya. Biasanya seorang narasumber memberikan sesuatu ada maunya,sehingga sedikit banyak netralitas wartawan dalam menuangkan beritanya terkontaminasi,”jelas SM Akbar.

Untuk itu Akbar mengimbau kepada seluruh wartawan maupun reporternya untuk tidak bermain-main dengan masalah sensitif tersebut. Ia menegaskan, bila dilapangan kedapatan wartawan maupun reporter Matamatanews meminta imbalan atau amplop,akan diberikan sanksi berat berupa pemecatan. Apalagi mencari-cari proyek untuk kepentingan pribadi. “Kami tidak mentolelir wartawan seperti itu,karena dikahwatirkan nantinya tidak lagi netral dalam menulis sehingga  merugikan masyarakat.”

Meski sejauh ini belum ada wartawan maupun reporter yang digawanginya terlibat menerima amplop atau mencari-cari proyek ,namun tidak ada salahnya peringatan dini  diungkap. “ Sejauh ini memang belum ada wartawan kami yang meminta imbalan atau amplop maupun mencari-cari proyek, tetapi tidak ada salahnya warning ini disampaikan agar tidak ada penyalahgunaan profesi,”tegas SM Akbar. (samar)

 

sam

No comment

Leave a Response