Warga Buddha Myanmar Coba Blokir Jalur Bantuan Untuk Warga Rohingya

 

Matamatanews.com, MYANMAR –   Kiriman bantuan untuk warga Rohingya di Negara Bagian Rakhine dihadang oleh ratusan warga Buddha Myanmar di Kota Sittwe. Menurut saksi mata, para pendemo tersebut melamparkan bom molotov sehingga pihak keamanan melepaskan tembakkan peringatan ke udara.

Dikutip dari laman Arab News, Kamis (21/09/2017), warga Buddha yang marah itu melakukan penghadangan dengan membawa tongkat besi, serta melemparkan bom molotov yang membuat sekitar 200 anggota kepolisian terpaksa melepaskan tembakan peringatan untuk membubarkan massa. Seorang saksi pun mengatakan bahwa dirinya melihat beberapa orang terluka akibat kejadian itu, dan pihak polisi mengamankan delapan pendemo dalam aksi tersebut.

Bantuan yang dikirimkan oleh lembaga Palang Merah Internasional (ICRC) akan dibawa ke kawasan utara Myanmar, tempat terjadinya kekerasan usai penyerangan yang diduga dilakukan oleh militan Rohingya pada pos polisi pada Agustus lalu. Militer Myanmar pun segera melakukan operasi yang mengakibatkan ratusan ribu warga Rohingya mengungsi untuk menghindari kekerasan.

Sementara, juru bicara ICRC belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangan lebih lanjut atas kejadian penghadangan tersebut, pihak kepolisian di Sittwe juga belum bisa dimintai keterangan. [Did/Mdk/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response