Vonis Bebas Pembakar Hutan Di Jambi

 

Matamatanews.com, JAMBI – November tahun lalu, Head of Operation PT Ricky Kurniawan Kertapersada (RKK), Munadhi dinyatakan bersalah oleh jaksa penuntut umum karena melakukan kelalaian yang menyebabkan kebakaran lahan. Munadhi sendiri dijerat dengan pasal 99 ayat 1 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengolahan Lingkungan Hidup, dengan tuntutan pidana 3 tahun dan denda Rp 2 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Namun, pada kamis minggu lalu Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sengeti, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi memberikan vonis bebas bagi Munadhi yang menjadi terdakwa pembakaran hutan dan lahan.

Ketua Majelis Hakim Ester Megaria Sitorus dan hakim anggota Maria Christine menilai terdakwa tidak terbukti bersalah.

Keputusan majelis hakim tersebut mendapatkan protes yang keras dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Sebelumnya PT. RKK telah didakwa melakukan kelalaian sehingga menyebabkan kebakaran lahan gambut di kebut sawit pada tahun 2015 lalu.

Manajer Advokasi dan kampanye Walhi Jambi, Dwi Nanto mengaku kecewa atas putusan hakim itu, “Kami merasa sangat kecewa atas kejadian ini karena menjadi preseden buruk bagi upaya penegakan hukum terkait kasus lingkungan di negeri ini”.

Dwi menambahkan, vonis bebas yang dijatuhkan majelis hakim dapat membuat para pelaku pembakar hukan semakin berani karena mudah untuk lolos dari jerat hukum.

Selain itu, manajer Komunikasi dan Informasi Komunitas Konservasi Indonesia (Warsi), Rudi Syaf ikut menyayangkan keputusan hakim tersebut. Menurutnya, dari 11 kasus yang diproses hanya 2 kasus yang berhasil naik kepersidangan, namun semua terdakwa mendapatkan vonis bebas.(Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response