Virna Sulfitri Raih Gelar Doktor Ekonomi Universitas Trisakti

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Puncak  desertasi bertajuk “Analisis Pengaruh Corporate Governance  Terhadap  Strategic Management  Accounting, Iri  Sustainability Maturity Model dan Dampaknya Terhadap Kultur Organisasi” berujung happy ending, pada Rabu (21/8/2019) pekan lalu dalam “Sidang Terbuka” yang diajukan Virna Sulfitri,SE,MBA .

Desertasi tersebut merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar Doktor Ilmu Ekonomi Jurusan Manajemen Strategic pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti (Usakti). Wanita yang akrab sapa Virna ini menyadari bahwa desertasi yang disusunnya masih terdapat banyak kekurangan disana-sini karena keterbatasan kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman.

“Meski demikian saya telah berusaha semaksimal  mungkin untuk menyelesaikan desertasi ini dengan baik dan benar. Oleh karena itu, saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak,” ucap Virna dalam kata pengantarnya.

Disebutkan Virna, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh Corporate Governance  terhadap  Strategic Management Accounting, IRI Sustainability Maturity Model dan dampaknya pada Kultur Organisasi. Penelitian ini menganalisis bagaimana pengaruh CG ke  SMA, CG ke IRI Sustainability Maturity Model, SMA ke IRI Sustainability Maturity Model dan dampaknya IRI Sustainability Maturi Model ke  Kultur Organisasi.

CG diwakili oleh dimensi Direktur  Independen, Dewan Komisaris Independen, Dewan Direksi dan Komite  Audit. SMA diwakili oleh dimensi Costing, Strategic planning, control and perfomance management, Budgeting, Strategic  Decision Making, Competitor accounting dan customer accounting. IRI Sustainability Maturity Model diwakili oleh dimensi strategi dan perangkat design sedangkan Kultur Organisasi diwakili oleh Pencapaian tujuan, Aktualisasi Diri dan Penghargaan yang manusiawi.

Penelitian tersebut kata Virna menggunakan mixed method dimana teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini juga menggunakan pengukuran skala likert dari skor 1 (satu) hingga 6 (enam). Dimana data yang digunakan adalah data primer dengan sampel yang didapat sebanyak 137 responden dari 175 sampel yang disebarkan. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemangku kepentingan di industri manfaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hasil peneltian nenunjukkan hanya dewan komisaris independen dan dewan direksi sebagai bagian dari CG yang berpengaruh terhadap  SMA serta IRI Sustainability Maturity Model. Direktur independen dan komite audit dari sampel yang didapat cenderung masih belum berperan secara optimal sebagai agen dari corporate governance.

Semua dimensi dari  SMA berpengaruh terhadap IRI Sustainability Maturity Model dan semua dimenasi dari IRI Sustainability Maturity Model berpengaruh terhadap Kultur Organisasi. Oleh karena itu dengan penerapan model SMA yang tepat akan memberikan pengaruh terhadap penerapan dari IRI Sustainability Maturity Model sehingga bisa menjadikan perusahaan manufaktur yang bersifat sustainable manufacturing model akhirnya juga berdampak terhadap kultur organisasi yang diterapkan pada perusahaan tersebut.Kesemua itu dipaparkan secara rinci  oleh Virna dalam “abstrak” buka pengantar yang dibagikan dalam sidang terbuka pada Rabu (21/8/2019) pekan lalu.

Bagi peneliti,kata Virna dapat menggunakan sampel miliknya sesuai dengan kompetensi sebagai BOD, komisaris independen dan direktur independen serta komite audit. Agar dapat terlihat independensinya. Selain itu peneliti juga mendapat melakukan penelitian lebih dalam terkait IRI Sustainability Maturity Model dengan perekembangan tekhnologi yang nantinya diperlukan dalam medukung era 4.0 industri.

Meski  desertasi yang diajukan cukup runut dan detil disertai  analisis akademis yang matang, namun sebagai penulis, Virna masih menyadari sepenuhnya bahwa desertasi yang dibuatnya  masih terdapat banyak kekurangan karena keterbatasan kemampuan, pengetahuan dan pengalaman sebagai penulis.

“Meski demikian, saya telah berusaha semaksimal  mungkin untuk menyelesaikan disertasi ini dengan baik dan benar.Oleh karena itu ,saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak. Dan pada kesempatan ini saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua orang tua saya yaitu bapak Prof.Dr. Yuswar Zainul Basri, Ak, MBA, dan ibu Churaida Yuswar yang selalu mendukung dan memberikan motivasi agar saya tetap fokus menyelesaikan penulisan disertasi ini,” ungkap Virna, merendah.

Pada akhirnya Virna Sulfitri, SE, MBA yang tercatat sebagai mahasiswi Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti, yang mengajukan disertasinya bertajuk “ Analisisi Pengaruh Corporate  Governance Terhadap  Strategic Management Accounting , IRI Sustainability Maturity Model dan Dampaknya Terhadap Kultur Organisasi”, dinyatakan lulus dan memperoleh gelar Doktor  pada Program  Doktor Ilmu Ekonomi dan dinyatakan sebagai karya sendiri. Selamat ya.*(cam)

redaksi

No comment

Leave a Response