Venazuela Hentikan Sementara Seluruh Konsulatnya di Kanada

 

Matamatanews.com, CARACAS –- Pemerintah Venezuela mengumumkan a­kan menutup kantor konsulat mereka di in Vancouver, To­ronto, dan Montreal, serta menyisakan kantor kedutaan be­sarnya di Ottawa untuk mengurus hubungan bilateral Ven­ezuela-Kanada.

“Penutupan dilakukan sebagai respons atas langkah Ka­nada menghentikan sementara kantor kedutaan besarnya di Caracas,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Venezuela pada Sabtu (8/6). “Keputusan Kanada untuk me­nutup kedutaan besar di Caracas jauh dari masalah admi­nistrasi dan lebih kepada keputusan politik yang mencer­minkan permusuhan dari pemerintah Kanada terhadap Ve­nezuela,” imbuh kementerian itu.

Sebelumnya pada pekan lalu, Kanada mengumumkan menutup sementara kantor kedutaan besar mereka di Ca­racas setelah Presiden Nicolas Maduro, menolak mengakui para diplomat Kanada yang kritis terhadap perjuangan de­mokrasi di Venezuela.

Kanada adalah salah satu negara dari lebih 50 negara yang mengakui kepemimpinan ketua oposisi Juan Guai­do sebagai presiden sementara Venezuela. Negara-negara itu menolak hasil pemilu presiden pada Januari yang me­nyatakan Maduro kembali berkuasa untuk periode kedua kalinya. (s/kj/afp)

sam

No comment

Leave a Response