Upacara Hari Ibu Kodim 0702/Purbalingga Berjalan Hikmat

 

Matamatanews.com,  PURBALINGGA -. Upacara Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 Kodim 0702 Purbalingga di laksanakan di lapangan Makodim 0702/Purbalingga Jalan S.Parman No 1. Selaku Inspektur Upacara Kepala Staf Kodim 0702/ Purbalingga Mayor Inf Saeroji dan Komandan upacara dipegang oleh Danramil 12 Kapten Inf Suhadi. (23/12)

Peringatan Upacara Hari Ibu dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia khususnya generasi muda akan makna Hari Ibu sebagai kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisah dari kebangkitan perjuangan bangsa Indonesia.

Dalam amanat tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang dibacakan Kepala Staf Kodim 0702/ Purbalingga, mengungkapkan,  mari kita kembali ke masa lalu tepatnya pada tanggal 22 hingga 25 Desember 1928. Bertempat di Yogyakarta, para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera pada saat itu berkumpul untuk mengadakan Konggres Perempuan Indonesia pertama.

"Kalau melihat kembali sejarah, sebenarnya sejak tahun 1912 sudah ada organisasi perempuan. Pejuang-pejuang wanita pada abad ke 19 seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain secara tidak langsung telah merintis organisasi perempuan melalui gerakan-gerakan perjuangan, " ungkapnya.

Tambahnya, pada Konggres Perempuan Indonesia I yang menjadi agenda utama adalah mengenai persatuan perempuan Nusantara; peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan; peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa; perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita; pernikahan usia dini bagi perempuan, dan lain sebagainya.

"Secara resmi tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu adalah setelah Presiden Soekarno melalui melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga saat ini, " katanya.

Usai Membacakan amanat, Kepala Staf Kodim m menekankan kepada seluruh anggota Kodim 0702/Purbalingga, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 seluruh anggota Kodim supaya melaksanakan siaga dengan baik dan tanggung jawab.

 "Personil yang sudah ditunjuk di masing masing pos bergabung dengan personil luar kodim agar melaksanakan tugas siaga dengan cermat dan harus mengerti situasi di wilayah dan cermati perkembangan yang ada di wilayah supaya apa yang akan terjadi bisa dicegah dan termonitor, " harapnya. (Pendim 0702/Pbg, Rohim)

 

redaksi

No comment

Leave a Response