Upacara Bendera Tetap Khidmat Meski Dihadiri Sekelompok Celeng

 

Matamatanews.com, SUNGSANG—Ratusan siswa siswi SDN Sungsang Kecamatan Sungsang, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan tetap khidmat mengikuti upacara bendera memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 meski sekelompok celeng ( babi hutan) tiba tiba masuk ke halaman sekolah  dan berjalan ditengah pelaksanaan upacara .

Pemandangan seperti itu kata Heriyadi merupakan hal biasa bagi warga Sungsang,makanya para siswa tidak bergeming dan tetap khidmat mengikuti jalannya upacara bendera. Bagi sebagian masyarakat luar pemandangan seperti itu mungkin rada aneh , namun bagi anak-anak Sungsang itu hal biasa karena sejak kecil mereka sudah terbiasa dengan kehadiran para celeng .

Perlu diketahui para celeng tersebut sering mendatangi pasar untuk mengais makanan dari sisa-sisa sampah yang dibuang  para pedagang, dan pemandangan seperti itu telah berlangsung sejak puluhan bahkan mungkin puluhan tahun.

"Desa Sungsang ini rumahnya di bantaran sungai Musi sehingga rumahnya bertiang, begitu juga pasarnya.Para celeng itu bebas berkeliaran di bawah rumah rumah pendududuk atau di pasar mencari makanan sisa yang terbuang."kata Heri.

Desa Sungsang yang kini menjadi ibu kota Kecamatan, dulunya hanya bisa diakses melalui angkutan sungai dengan memakan waktu sekitar 3 jam, kini sejak adanya jalan darat baru, akses menuju Desa Sungsang bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam dari kota Palembang, jelas Heri.(ibrahim abadui)

 

redaksi

No comment

Leave a Response