Uni Eropa akan Kucurkan Paket Bantuan 1 Miliar Euro Untuk Afghanistan

 

Matamatanews.com, BRUSSEL—Hari Selasa (12/10/2021) kemarin, Uni Eropa melalui Ketua Komisinya, Ursula von der Leyen mengatakan akan mengucurkan paket bantuan sebesar 1 miliar Euro untuk Afghanistan.

“Untuk mencegah keruntuhan besar kemanusiaan dan sosial ekonomi,” kata Ketua Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen seperti dilaporkan media Pakistan DAWN.

Dalam pernyataannya, disebutkan bantuan uang sebesar 250 juta euro itu merupakan uang tambahan dari 300 juta euro yang sebelumnya diumumkan Uni Eropa untuk kebutuhan kemanusiaan yang mendesak, dan sisanya untuk memulangkan orang-orang Afghanistan di sejumlah negara yang melarikan diri dari pemerintahan Taliban.

Dalam pertemuan puncak G20 yang digelar secara virtual di Italia, Von der Leyen berjanji akan mendedikasikan untuk membahasa situasi kemanusiaan dan keamanan di Afghanistan.

Dalam pernyataannnya Uni Eropa menegaskan bahwa dana bantuan tersebut merupakan “dukungan langsung” untuk Afghanistan dan akan disalurkan melalui organisasi internasional yang bekerja di lapangan, bukan kepada pemerintgah sementara Taliban yang tidak diakui Brussels.

Meski bantuan kemanusiaan akan dikucurkan, namun Uni Eropa tetap akan membekukan bantuan untuk pembangunan di Afghanistan,kata Von der Leyen.

“Kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk mencegah keruntuhan besar kemanusiaan dan sosial ekonomi di Afghanistan. Kita harus melakukannya dengan cepat,” kata von der Leyen, mengamati bahwa musim dingin sudah dekat.

“Kami sudah jelas tentang kondisi kami untuk setiap keterlibatan dengan pihak berwenang Afghanistan, termasuk tentang penghormatan hak asasi manusia. Sejauh ini, laporan berbicara sendiri. Tapi rakyat Afghanistan seharusnya tidak membayar harga dari tindakan Taliban,” katanya.

Negara-negara Uni Eropa mewaspadai prospek gelombang pencari suaka Afghanistan yang mencoba memasuki blok tersebut, seperti yang terjadi pada 2015 dengan warga Suriah yang melarikan diri dari perang di negaranya.Alasan Brussel mengucurkan bantuan adalah untuk menstabilkan situasi dan ekonomi Afghanistan.

Von der Leyen mengatakan negara-negara Eropa memiliki “tugas moral” untuk membantu Afghanistan, terutama negara-negara yang berpartisipasi dalam misi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang rame-rame mengundurkan diri pada bulan Agustus lali ketika Taliban merebut kekuasaan.

Paket bantuan satu miliar euro yang diumumkan dan dijanjikan itu dalah untuk meningkatkan pengeluaran di sektor kesehatan di Afghanistan.Selain itu, negara-negara tetangga akan membantu manajemen migrasi dan promosi kerjasama dalam memerangi terorisme, kejahatan dan penyelundupan migran.(esma)

Paket bantuan satu miliar euro yang diumumkan akan meningkatkan pengeluaran di sektor kesehatan di Afghanistan. Di negara-negara tetangga, itu akan membantu manajemen migrasi dan mempromosikan kerja sama dalam memerangi terorisme, kejahatan dan penyelundupan migran.(esma/dawn)

redaksi

No comment

Leave a Response