Ujian Nasional Tidak Akan Di Berlakukan

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memutuskan untuk tidak memberlakukan atau menhapuskan Ujian Nasional (UN), kemudian keputusan tersebut akan disahkan dengan Instruksi Presiden (Inpres).

Selanjutnya, pelaksanaan ujian akhir bagi siswa SMA dan sederajat akan diserahkan kepada pemerintah provinsi. Kemudian untuk siswa SMP dan SD sederajat akan diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota. Menurut Muhadjir, meskipun diserahkan pada pemerintah daerah, namun pelaksanaannya tetap mengacu kepada standar nasional.

Hal tersebut dilakukan karena tingkat pendidikan di Indonesia belum merata, namun jika tingkat pendidikan sudah merata maka Ujian Nasional akan di berlakukan kembali. Selain itu, Kemendikbud akan segera mengupayakan agar kualitas pendidikan di Indonesia dapat merata dengan secepatnya.

Muhadjir mengatakan, perbaikan ini tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat (setahun atau dua tahun) karena hanya 30 persen saja yang sudah sesuai dengan standar nasional.

Setelah Ujian Nasional dihapuskan, kelulusan siswa akan ditentukan oleh masing-masing pihak sekolah. Selain itu, Ujian Akhir bukan menjadi faktor penentu kelulusan namun hanya menjadi salah satu faktor pertimbangan.

Selama ini Ujian Nasional menjadi hal yang menakutkan bagi para siswa karena menjadi faktor penentu dari kelulusan siswa itu sendiri. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response