Turki Siap Luncurkan Rudal Ringan SOM-J

 

Matamatanews.Com,ANKARA– Dalam waktu dekat Turki melalui perusahan Roketsan akan meluncurkan rudal ringan SOM-J,yang merupakan penyempurnaan dari rudal SOM. Rudal ini selain lebih kecil dan ringan karena menggunakan bahan komposit, panjangnya juga hanya 3,6 meter. Karena bentuknya yang kecil dan ringan, rudal ini diharapkan bisa menembus pertahanan musuh hingga sulit ditangkap radar.

Kelebihan yang dimiliki SOM-J terdiri dari sistem algoritma, navigasi,geometri,infrared,aerodinamis,GPS datalink serta pendeteksi target  mutakhir ,sehingga rudal tersebut semakin hebat kemampuannya. Kehebatan lainnya, rudal ini dapat mendeteksi target yang bergerak dan mengambil gambar secara realtime sehingga arah tembakan rudal akan mengenai tepat sasaran.

Meski berukuran kecil , radar ini dalam pertempuran mampu mengecoh pertahanan dan radar musuh.Kelebihan lainnya  mampu bermanuver, menukik dan berputar. Rudal ini rencananya selesai akhir 2016 mendatang, dan nantinya akan dipasangkan pada pesawat tempur F-35 Lighning milik Turki yang akan tiba pada 2018. Dan pada 2017 nanti persenjataan  rudal  ini oleh Turki akan disertakan dalam operasi militer terlebih dahulu. Meski terbilang kecil, kemampuan daya ledak rudal  ini  sangat dahsyat dan mampu menghancurkan kapal musuh   dalam hitungan menit. (Andro DP/samar)

 

sam

No comment

Leave a Response