Turki Bantah Tunda Pembelian S-400 atas Permintaan AS

 

Matamatanews.com, ANKARA—Jum’at (31/5/2019) lalu  pemerintah Turki melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) membantah laporan bahwa Ankara tengah mempertimbangkan pembelian pengadaan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia atas permintaan Amerika Serikat (AS).

“Laporan beberapa organ media dalam beberapa hari terakhir yang mengatakan Turki menunda pengadaan S-400 atas permintaan Amerika Serikata tidak berdasar,” kata Hami Aksoy, juru bicara Kementerian Luar Negeri."Proses pengadaan S-400 kami dari Rusia sedang berlangsung sesuai rencana," tambah Aksoy.

Dia juga mengatakan bahwa tawaran Turki untuk membentuk kelompok kerja dengan AS untuk membahas pengadaan S-400 Rusia yang ditunda oleh Ankara masih berlaku.Ketegangan Amerika Serikat dan Turki mencapai puncaknya dalam beberapa bulan terakhir  ketika Turki akan mulai menerima sistem pertahanan rudal darat yang canggih S-400 Rusia yang menurut Washington akan membahayakan peran negara tersebut.

Para pejabat Amerika serikat menyarankan Turki untuk membeli sistem rudalPatriot AS ketimbang S-400 dari Moskow, dengan alasan sistem rudal Rusia tidak sesuai dengan sistem NATO dan mengekspos F-35 terhadap kemungkinan akal-akalan Rusia.Turki menyatakan bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO hingga tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi tersebut. (cam)

 

sam

No comment

Leave a Response