Turki Akhiri Operasi Militer Di Suriah

 

Matamatanews.com, SURIAH – Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim mengatakan telah menghentikan operasi militer Perisai Eufrat di utara Suriah yang telah berlangsung selama tujuh bulan terakhir.

“Operasi Perisai Eufrat telah berhasil dan selesai, setiap operasi berikutnya sesudah ini akan mempunyai nama yang berbeda”, terang Binali.

Hal tersebut dikatakan Binali saat pertemuan dewan keamanan Turki. Namun, tidak menutup kemungkinan Turki akan melancarkan operasi militer yang baru nantinya.

Seperti yang diketahui, Turki melancarkan ofensif militer sejak bulan Agustus lalu untuk memukul mundur militan ISIS dari perbatasan dan juga menghentikan laju para pejuang kurdi yang berada disana.

Pada tanggal 24 Agustus 2016 silam, pasukan tentara, tank, dan pesawat Turki melintasi perbatasan guna melakukan operasi untuk mendesak militan ISIS dari garis perbatasan.

Selain itu, operasi ini bertujuan untuk mencegah pasukan YPG Kurdi menyeberangi sungai Efrat guna bergabung dengan pasukan Kurdi yang telah menguasai sebagian besar daerah disana.

Pasalnya Turki menganggap pasukan YPG Suriah sebagai bagian dari kelompok PKK Kurdi yang selama ini telah melakukan aksi pemberontakan di tenggara Turki. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response