Turki – Amerika Bahas Zona Aman di Suriah Utara

 

Matamatanews.com, ANKARA—Senin (5/8/2019) sejumlah pejabat Turki dan Amerika serikat (AS) melakukan pertemu di Ankara,Turki guna membahas pembentukan zona aman di Suriah utara, demikian disampaikan kementerian Pertahanan Nasional Turki seperti dikutip media lokal Turki Hurriyet Daily News pada Senin (5/8/2019).

Pertemuan tersebut seperti ditulis dalam Twitter Kemeneterian Pertahanan Turki digelar pada pukul 10.00 pagi waktu setempat, dan pembicaraan berkutat seputar pembentukan zona aman 20 mil (32 kilometer) di Suriah utara. Turki berharap dengan adanya zona aman 20 mil (32 kilometer) di Suriah utara seluruh aktivitas kelompok teror YPG/PYD dibersihkan dari wilayah tersebut.

Seperti diketahui YPG/PKK adalah merupakan cabang kelompok teror PKK di Suriah yang bertanggungjawab atas kematian hampir 40.000 orang Turki, termasuk anak-anak, wanita dan balita selama kurun 30 tahun lebih.

Meski pejabat kedua negara, Ankara dan Washington telah melakukan pembicara serius membahas zona aman, namun sejauh ini menurut juru bicara Kementerian Luar  Negeri Turki Hami Aksoy  perjanjian tentang zona aman belum ditandatangani,padahal 2  Agustus lalu merupakan ambang batas bagi terciptanya zona aman seperti yang diharapkan Turki.

Jika upaya untuk menemukan titik temu dengan Amerika Serikat terbukti tidak berhasil, Turki harus menciptakan zona ama sendiri di suriah, kata Kementerian Luar Negeri Turki pada Jumat (2/8/2019) lalu. (win)

redaksi

No comment

Leave a Response