Trah Gagak Adakan Jamasan Pusaka Leluhur Loano

 

Matamatanews.com, PURWOREJO – Trah Gagak kembali menyelenggarakan jamasan pusaka di Rumah Pasepen Gagak Handoko bilik peristirahatan Adipati terakhir Kadipaten Loano, Dusun Turusan Minggu pon (30/08/2020) pagi. 

Turut hadir dalam prosesi jamasan diantaranya Kepala Desa Loano Sutanto, Ketua Dewan Kesenian Purworejo Angko Setiyarso Widodo, Kepala Juru Kunci Makam Gagak Handoko / Pemangku Adat R. Sutriyanto, serta Direktur PDAM Tirta Perwitasari Ir. Hermawan Wahyu Utama.

Dalam sambutannya Angko Setiyarso Widodo menekankan, bahwa pelestarian dan jatidiri budaya adalah hal yang saling melengkapi.

Acara jamasan ini menurutnya, setiap tahun diadakan. Seperti biasanya acara diawali dengan gejog lesung oleh warga sekitar. Hal yang ditunggu dalam tiap jamasan adalah prosesi “Lorotan”, yaitu penutupan kegiatan dengan ditandai dipersilahkannya para tamu yang hadir untuk hidangan menu Tjaos Dahar Adipati. 

“Kali ini saya mendapatkan hati ayam yang konon simbol kedalaman batin dari ruh dan raga, " ujar Erwan salah satu trah Gagak menuturkan.

“Suksesnya acara ini semakin meneguhkan optimisme kami untuk semakin mengkayakan dan melestarikan budaya sebagai potensi dan identitas desa, " kata Erwan mengakhiri.(Nusa)

 

redaksi

No comment

Leave a Response