TNI-Polri Dan Pegiat UMKM Banyumas Gelar Bakti Sosial

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO - TNI, Polri dari Korem 071/Wijayakusuma, Kodim 0701/Banyumas, dan Polresta Banyumas menggandeng para pegiat UMKM wilayah Banyumas menggelar bakti sosial Peduli Covid-19. Baksos tersebut melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dengan sasaran masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial.

Hal tersebut disampaikan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., saat apel pelepasan Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan Kabupaten Banyumas dan penyerahan bantuan secara simbolis di Jl.Merdeka Purwokerto. Jumat (16/04/2021).

Turut mendampingi Danrem diantaranya Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra, S.E., M.I.Pol., Wakapolresta Banyumas AKBP Kristianto Yoga Darmawan, S.I.K., M.Si., serta Ketua Pegiat UMKM Banyumas.

Kolonel Dwi Lagan mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut guna mendukung pemerintah daerah dalam pelaksanaan pendisplinan Protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Di masa pandemi Covid-19 saat ini, TNI-Polri dan komponen masyarakat harus bersama-sama mendukung pemerintah daerah dalam pencegahan Covid-19. Hal ini agar covid bisa dikendalikan dan ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan baik dan aman," katanya.

Kegiatan bakti sosial lanjut Danrem, selain kegiatan patroli bersama guna mengingatkan masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dengan 5 M, juga sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Terkait dengan bakti sosial pemberian bantuan kepada masyarakat Kolonel Dwi Lagan mengatakan bahwa penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat ini sebagai wujud kepedulian TNI-Polri terhadap kesulitan masyarakat.

Disampaikan pula, kegiatan ini akan terus berlanjut untuk mengingatkan dan menyadarkan masyarakat akan bahaya Covid-19.

"Melalui kegiatan bersama ini, kita sosialisasikan pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat, agar setiap individu saling peduli tentang pentingnya protokol kesehatan," ungkapnya.

Dijelaskan Danrem, dampak akibat pandemi Covid-19 tidak hanya menimbulkan persoalan kesehatan saja, namun berpengaruh di bidang ekonomi maupun sosial masyarakat yang terdampak. 

"TNI-Polri peduli Covid-19 melibatkan para Babinsa, Bhabinkamtibmas serta komponen masyarakat bersama sama membagikan bantuan sosial untuk meringankan beban masyarakat sekaligus pendisiplinan protokol kesehatan," imbuhnya.  

Secara terpisah Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I. Pol menuturkan bahwa Baksos tersebut merupakan bentuk  kepedulian TNI - POLRI dan UMKM Banyumas  untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini menurutnya diharapkan dapat menumbuhkan dan mendorong kepedulian komunitas dan masyarakat lainnya dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat.

Penyaluran Paket Sembako dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas menggunaan kendaraan bermotor dengan sasaran wilayah Kota Purwokerto, Kecamatan Baturaden, Kecamatan Patikraja dan Kecamatan Karanglewas kepada 300 orang warga di wilayah masing-masing.

Sementara itu Suharyono (68) warga Jalan Kalibener RT 6 RW 2 Kelurahan Kranji kecamatan Purwokerto Timur salah seorang penerima bantuan mengungkapkan rasa terima kasih kepada Dandim dan Babinsa atas bantuan yang diberikan.

“Sekali lagi terima kasih dan teriring doa semoga TNI-Polri selalu sehat dan dimudahkan oleh Tuhan dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara," pungkasnya.(One/Jof/DD)

redaksi

No comment

Leave a Response