Tiga Pencemaran Dalam Satu Puntung Rokok

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Ahh bau  rokok! Kata kata yang sering kita dengar di beberapa tempat yang kita kunjungi,rokok adalah salah satu alasan kita menghirup udara yang tercemar, asap rokok menyumbang sekitar 20% polusi udara, sudah tidak bisa dipungkiri bahwa asap rokok sangatlah berbahaya untuk dihirup kedalam tubuh kita, karena adanya  kandungan TAR yang dapat membahayakan tubuh kita, salah satu penyakitnya adalah kanker.

Tidak hanya udara loh, rokok juga ikut menyumbang polusi dalam air dan tanah, mari kita bahas bersama-sama .Rokok yang kita buang ke tanah bisa menyumbang polusi juga untuk tanah, bahan bahan kimia dan abu rokok  yang ada di dalam puntung rokok yang sudah di buang akan di serap oleh tanah yang dapat menyebabkan tanah tersebut tercemar.

Bukan hanya manusia saja yang kena dampak nya, hewan hewan dan tumbuhan pun akan terkena dampak dari polusi tanah ini, salah satu contohnya  adalah tumbuhan- tumbuhan yang tidak dapat tumbuh secara maksimal.. .dan apakah kalian tau?

Akibat meningkatnya jumlah perokok, meningkat pula penggusuran hutan.  sekitar 200.000 hektar hutan telah digusur setiap tahun nya loh! Ini  sama dengan luas Negara Tokyo! Wah besar ya... kebayang kan apa yang akan terjadi bila hutan tersebut terus digusur?

Tak Cuma plastik. Puntung rokok pun menjadi salah satu dan penyumbang pencemaran air laut, penelitian menunjukan bahwa puntung rokok menyumbang 30-40 persen pencemaran laut jika di perbesar angka ini adalah angka yang cukup tinggi loh,

sudah banyak sekali kasus-kasus hewan laut yang memakan puntung rokok, dikarenakan sudah hampir lebih dari 32 tahun, terhitung bahwa sudah ada lebih dari 60 juta ton puntung rokok yang telah di temukan di laut, kebayang gak bahan kimia yang ada dalam puntung rokok tersebut tersebar di dalam air laut?

Nah, setelah membaca hal tersebut mari pelajari juga tips nya

  1. Jadilah perokok yang smart! Buang sampah puntung rokok mu di tempat yang benar, pot tanaman bukanlah tempat untuk membuang nya.
  2. Merokoklah di tempat yang sudah disediakan.
  3. Gunakanlah asbak portable jika kalian tidak melihat adanya tempat membuang sampah. Jadi, kalian tidak membuang abu nya sembarangan. *( Kharisma vasandani , Mahasiswi London School of Public Relations Jakarta)

 

redaksi

No comment

Leave a Response