Tiga Komplotan Penggedar Dolar Palsu Senilai Rp 1,4 Miliar Digulung Polresta Soetta

 

Matamatanews.com, TANGERANG—Tiga komplotan pengedar uang palsu dolar Amerika Serikat senilai Rp 1,4 miliar dalam pecahan 100 dolar  berhasil digagalkan Polresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta).Dalam keterangan persnya pada Kamis (28/1/2021) kemarin, Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Adi Ferdian mengatakan, bahwa mata uang palsu itu dibagi dalam sepuluh gepok.

Tiga tersangka berhasil diamankan, yakni A bin N, R, dan TP, sedangkan tersangka berinisial A diduga sebagai pencetak uang dolar palsu.Dalam satu gepok, A terdapat 100 lembar uang dolar palsu pecahan 100 dolar Amerika Serikat, dengan total 100.000 USD atau setara dengan Rp 1,4 miliar.

Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Adi Ferdian mengungkapkan, bahwa tersangka R merupakan seorang kolektor uang kuno dan barang antik. Ia mendapatkan dolar palsu itu dari tersangka A yang hingga kini masih buron.

Menurut penuturan Kapolresta, pihaknya mendapatkan informasi daari pengguna Bandara Soetta bahwa ada yang menawarkan uang dolar Amerika Serikat  dengan harga tukar kurs jauh dari pasaran pada 28 Desember 2020.Kemudian pihaknya mengamankan ketiga tersangka di waktu yang berbeda.

"Dengan harga kurs di bawah standar. Maka Tim Garuda Polres Bandara Soetta, langsung melakukan penyelidikan," kata Kapolres Bandara Soetta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra, Kamis (28/1/2021) kemarin.

Atas perbuatannya, kini ketiga tersangka sudah mendekam di penjara dengan sangkaan Pasal 244, 245 dan 240 KHUP dengan ancaman 15 tahun penjara. (bar/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response