Tes Nafas Untuk Malaria

 

Matamatanews.Com-JAKARTA Test darah merupakan hal yang sering dilakukan oleh dokter untuk menentukan terkena atau tidaknya penyakit, karena melalui darah hinggaplah penyakit-penyakit yang ada, tak terkecuali malaria. Afrika merupakan negara yang paling banyak terjangkit penyakit malaria, akibatnya banyak biaya yang dikeluarkan oleh  WHO untuk melakukan pengobatan dan pencegahan para korban yang terjangkit penyakit malaria tersebut. Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk.

Efek dari malaria pun beragam seperti demam tinggi, sakit kepala, muntah-muntah, keringat dingin, batuk kering dan banyak lagi lainnya. Untuk membuat efisiensi biaya dan waktu para peneliti dari Amerika melakukan pengembangan alat tes nafas untuk penyakit malaria tersebut.Alat ini nantinya bisa digunakan untuk mengecek korban,terjangkiti atau tidak melalui tes nafas tersebut tanpa harus melalui pengambilan darah.

Hal ini dapat dilakukan karena penderita penyakit malaria memiliki bau yang khas sehingga dapat di analisis dengan mudah bagi yang terkena malaria. Hasil ini juga sudah di tes dengan menggunakan hasil tes darah, dan hasilnya 100 persen akurat . Alat ini sudah mulai dipakai di Malawi untuk mengecek masyarakat di sana. Para pihak berharap agar peneliti juga memgembangkan pendeteksian penyakit  menggunakan tes nafas ini lebih signifikan ,karena selain prosesnya cepat juga tidak mengeluarkan banyak biaya. (Reuters/Andro Dwi Putranto)

 

 

sam

No comment

Leave a Response