Terobosan Jogoboyo, Program Dari Ditreskrimum Polda Jatim

 

Matamatanews.com, SURABAYA - Ditreskrimum Polda Jatim memberikan reward dan punishment kepada personel penyidik dan penyidik pembantu jajaran Ditkrimum yang berprestasi sebagai wujud Program Terobosan Jogoboyo. Penilaian ini dipimpin langsung Kombespol Pitra Ratulangi dalam kurun waktu 2 bulan pertama sejak dia menjabat sebagai Ditreskrimum Polda Jatim. Pemberian penghargaan dilakukan saat apel satuan kerja pada Rabu (5/02/2020) di Mako Ditreskrimum Polda Jatim.

Menurut Kombes Pitra Ratulangi, penghargaan ini diberikan setiap awal bulan dalam rangka memacu motivasi bagi para penyidik dalam penyelesaian perkara  maupun input data E manajemen Penyidikan (EMP). Selain itu menurutnya dalam rangka penjabaran salah satu program Pemerintah RI yakni SDM Unggul dan juga salah satu program Kapolri Jenderal Idham Azis yaitu Penguatan Gakkum yang Profesional dan Berkeadilan.

" Target penyelesaian perkara pada Ditkrimum Polda Jatim secara umum telah mencapai target di atas standart 120 LP selesai setiap bulannya, " kata Pitra.

Pitra menambahkan penilaian terhadap kinerja Penyidik yakni membantu dalam hal penyelesaian perkara dan input dokumen E - Manajemen Penyidikan, belum termsuk penilaian terhadap kinerja Resmob/ operasional dalam hal ungkap tangkap pelaku kejahatan berat yang meresahkan masyarakat.

Adapun hasil capaian penyelesaian perkaranya sebagai berikut :

1. Periode Nopember s/d Desember 2019, penyelesaian perkara sebanyak 131 LP Nopember 55 kasus dan Desember 76 kasus.

2. Januari 2020 , penyelesaian perkara sebanyak 145 LP, 3 kali lebih baik dibandingkan penyelesaian perkara periode Jan 2019 yakni 54 perkara. 

Rincian penyelesaian perkara menurut Pitra adalah :

1. Subdit , Subdit terbaik adalah Subdit 3 Jatanras telah menyelesaikan perkara sebanyak 58 LP,  Subdit 1 Kamneg 30 LP, Subdit 2 Harda Bangtah  34 LP, dan Subdit 4 Renakta  24 LP.

2. Unit, Unit terbaik adalah unit V Perjudian Subdit Jatanras dengan penyelesaian perkara sebanyak 20 LP.

3. Perorangan meliputi :

A. Penyidik yang mampu menyelesaikan perkara melebihi standart yang disepakati 1 LP per bulan adalah Iptu I Made Arianto, SH, diam mampu menyelesaikan perkara 2 LP dalam 1 bulan berjalan. 

B. Penyidik yang terbanyak melaksanakan input dokumen EMP ada 3 org yaitu : 

- Kompol M Aldy Sulaiman, Sik = 563 dokumen, 

- Iptu I Made Arianto, SH = 550 dokumen, 

- Aiptu Bambang Santoso = 533 dokumen.

Adapun jenis reward sebagai berikut :

-Subdit terbaik diberi bendera Macan Reserse dan piagam penghargaan.

-Unit terbaik diberi hadiah laptop dan piagam penghargaan

- Individu terbaik personil Penyidik / penyidik pembantu diberi hadiah berupa ; piagam penghargaan, piala, HP type Samsung A80.

"Selamat berkarya dan selamat berprestasi para detektif (Penyidik) Ditreskrimum Polda Jatim, " pungkas Pitra.*(atres)

 

 

 

 

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response