Terobosan Baru... Aplikasi Untuk melepas Kacamata Baca

 

Matamatanews.com, WASHINGTON –Kacamata baca ialah alat bantu untuk menormalkan dan mempertajam bagi mereka pengidap gangguan penglihatan. Jika Anda berusia lebih dari 40 tahun, kemungkinan besar Anda memerlukan kacamata baca. Namun, terkadang kacamata baca terasa menggangu dan tidak ingin menggunakannya. Sekarang ada aplikasi untuk melatih otak Anda melihat lebih dekat.

Menurut Uri Polat, seorang pendiri aplikasi yang diberi nama GlassesOff menyampaikan bahwa manusia melihat dengan otak bukan mata.

“Sebenarnya yang kita lakukan ialah meningkatkan efisiensi saraf agar semua proses lebih efisien dan cepat. Dengan demkian, otak dapat melihat lebih bayak gambar secara bersamaan agar kita dapat memproses lebih banyak hal,” ungkap Uri seperti dilansir VOAIndonesia.com, Selasa (12/12/2016) pekan lalu.

GlassesOff merupakan aplikasi yang menggunakan gambar-gambar dengan menstimulasi bagian otak yang berfungsi memproses gambar. Melalui program itu, otak mulai memproses informasi viual lebih cepat dan efektif serta membantu penglihatan yang mulai memburuk karena penuaan.

Shai Novik, yang juga salah satu pendiri aplikasi itu mengakui bahwa latihan dengan GlassesOff merupakan hal yang tidak mudah. Menurutnya perlu kedisiplinan untuk menggunakan GlassesOff. Pengguna harus latihan selama 15 menit sehari, tiga kali seminggu selama dua atau tiga bulan.

 “Ini merupakan latihan visual yang cukup melelahkan. Latihan 15 menit, kemudian istirahat 15 menit. Sangat sulit. Namun, apabila Anda dapat melakukannya, Anda dapat terbebas dari kacamata baca. Bagi kebanyakan orang, itu sesuatu yang sangat penting,” paparnya.

Menurut pengakuan Judith Schwartz, seorang pengguna GlassesOff mengatakan bahwa hasilnya memuaskan. “Saya menganggap kacamata sebagai gangguan, saya tidak sabar untuk segera melepaskanya. Aplikasi GlassesOff megubah hidup saya. Ketika duduk di café bersama teman-teman, hanya saya yang tidak menggunakan kacamata baca, padahal mereka jauh lebih muda,” tuturnya.

Aplikas GlassesOff telah menacapai satu juta orang pengunduh. Dan perusahaan itu juga berencana mengembangkan program itu agar dapat digunakann oleh anak-anak, atlet dan tentara. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response