Terisolir Jalur Darat, TMMD ke 96 Kodim 1422 Maros Rintis Jalan

 

 

Matamatanews.com-MAROS—Komando Distrik Militer (Kodim) 1422 Maros telah memulai pelaksanaan program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 96 di wilayah dusun Berua, desa Salenrang, kecamatan Bontoa, kabupaten Maros, dusun Salenrang ini merupakan dusun yang hanya memiliki akses jalur sungai. Setelah sekian lama terisolir,kini para warga sudah dapat menikmati akses jalur darat yang dibuat oleh prajurit TNI melalui program pelaksanaaan TMMD ke 96.

Sepanjang 1,5 kilometer perintisan jalan ini dibuat atas kerjasama TNI bersama warga setempat selama satu bulan lebih. Dengan adanya jalur darat ini, diharapkan bisa membuat Dusun Berua sebagai jantung objek desa wisata Rammang-Rammang dapat lebih tertata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tersebut.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1422 Maros, Letnan Kolonel (Letkol) Inf Sunarto, S.Pd ketika bersama rombongan  meninjau lokasi perintisan jalan, pada Selasa (3/5/ 2016) lalu. Menurutnya, program TMMD ini dilaksanakan di Rammang-rammang karena objek wisata ini masih sangat butuh penataan. Selain itu, dengan program ini juga sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat.
“Selain jalan yang kita rintis sejauh 1,5 kilometer ini, kami juga sudah sementara membuat tiga MCK dan satu baruga yang berlokasi di dermaga tiga Rammang-Rammang.

Untuk perintisan jalan yang sementara berjalan, saat ini pengerjaannya sudah mencapai 90 persen, sisa diratakan saja. Kami berharap, satu bulan kedepan ini bisa rampung semua program,” bebernya. Sunarto menambahkan, selain sasaran pembangunan fisik, ia bersama pasukannya juga menggelar berbagai kegiatan selama satu bulan, seperti penyuluhan bela Negara, Penyuluhan KB Kesehatan, Penyuluhan tentang bahaya narkoba serta akan melaksanakan Perkemahan terpadu Desa Wisata Kampung Kars.

Untuk itu, ia sengaja menempatkan kurang lebih 120 orang prajuritnya untuk menempati rumah-rumah warga dusun berua selama satu bulan pada pelaksanaan TMMD ini.
“Jadi bukan hanya pembangunan fisik saja. 120 orang prajurit gabungan dari Darat, Laut dan Udara akan kami tempatkan selama sebulan disini dan mereka akan berbaur bersama warga. Kita sengaja tidak bangun barak, agar nantinya pasukan bisa menginap di rumah-rumah warga,” Ungkapnya

Sunarto menjelaskan, anggaran program TMMD ini diperoleh dari Komando Astas sebesar Rp203 juta lebih, sementara dari Pemerintah Daerah (Pemda) sebesar Rp727 juta lebih. Anggaran inilah yang akan digunakan dalam program TMMD baik fisik maupun non fisik. Sementara itu Wakil Bupati Maros, Harmil Mattotorang yang turut dalam rombongan menyatakan, program TMMD yang diprakarsai oleh Dandim Maros ini sangat membantu program pemerintah. Menurutnya, dengan program fisik yang dikerjakan ini, akan sangat membantu masyarakat dan juga pengembangan objek wisata Rammang-Rammang kedepannya.

“Sinergitas antara TNI dengan Pemerintah seperti inilah yang telah melahirkan program yang bermanfaat bagi rakyat. Pemda sangat terbantu dengan program ini, meski dengan anggaran yang minim, beberapa pekerjaan fisik sudah bisa dirasakan saat ini,” katanya. Sementara itu, Darwis Salah yang merupakan salah seorang warga Dusun Berua mengaku, sudah lama menginginkan adanya jalur darat untuk akses masuk ke wilayahnya. Selama ini, warga dan pengunjung hanya bisa masuk ke dusun Berua dengan menggunakan perahu melalui sungai Salenrang.  

“Awalnya memang ada keraguan, apakah nantinya dengan adanya akses darat, warga yang menjadikan perahu jolloro sebagai mata pencariannya akan hilang. Tapi setelah dikaji, saya yakin tidak aka nada pengaruhnya. Karena jalur sungai menjadi daya tarik utama di objek wisata ini,” tuturnya.

Program TMMD yang ke 96 tahun 2016 ini dibuka dengan upacara pelepasan di lapangan Pallantikang kompleks kantor bupati Maros. Rencananya kegiatan yang berakhir pada tanggal 1 Juni 2016 mendatang ini, akan disertai dengan berbagai kegiatan seperti kemah kampung karst, aksi sosial, lomba perahu serta kegiatan lainnya. (Mg6). Gambar : Prajurit Gabungan TNI Saat Memasuki Wilayah Sasaran Program TMMD Ke 96 di Dusun Berua desa Salenrang Kecamatan Bontoa kabupaten Maros, Selasa 3 Mei 2016 kemarin. (GuhTIP)

 

sam

No comment

Leave a Response