Terdampak Kiriman air, Warga Berharap Dibuatkan Tanggul dan Jembatan Penghubung Permanen

 

Matamatanews.com, BOJONGKULUR—Sejak pukul 17.00 WIB, Rabu (01/01/2020) kemarin, perumahan Vilanusa Indah 3, lingkungan RW 36 yang membawahi 6 sampai 7 RT digenangi air kiriman dari sungai Cikeas, Bogor. Sebenarnya debit air dilingkungan perumahan Vinanusa Indah 3, sejauh ini terbilang normal bahkan bisa disebut minim, sehingga warga disekitar RW 36 tidak terlalu memusingkan curah hujan yang cukup deras.

“Sederas apa pun curah hujan,biasanya debit air di lingkungan RW 36 tidak pernah naik seperti tahun 2020 ini. Dan tahun ini terbilang cukup mengagetkan sehingga membuat warga terpaksa memindah kendaraan maupun barang berharga lainnya ke tempat yang lebih nyaman dan aman dari jangkauan air,” terang warga perumahan Vilanusa Indah 3 yang dimintai keterangannya kepada Matamatanews.com, Rabu, malam .

Disebutkan warga, sedikitnya ada 200 kendaraan roda empat yang diamankan pemiliknya disepanjang jalan utama perumahan , halaman sekolah GNR , gang-gang menuju kediaman warga sekitar hingga masjid Al Fath dan mushola Baiturrahman pun menjadi tempat untuk melepas penat sekaligus bertukar informasi antar warga.

“Kami berharap untuk ke depannya pemerintah daerah terutama kabupaten Bogor untuk membuat tanggul yang melintasi sisi atau bantaran sungai perumahan Vilanusa Indah 3 dan sekitarnya sehingga akan meminimalis resiko banjir kiriman . Selain itu kami juga berharap dibuatkan jembatan yang permanen yang menghubungkan antara perumahan Vilanusa Indah 3 dengan desa Bojongsari sehingga lalu lintas kedua wilayah tersebut tidak lagi terhambat dengan alasan adanya banjir kiriman.Dan yang yang terpenting dibuatkan juga sistem pemerliharaannya sehingga kualitas dan kondisi jembatan tersebut bisa di deteksi setiap saat” kata Mustaqim, warga Vilanusa Indah 3 yang ditemui di mushola Baiturrahman, Kamis (02/01/2020) kepada Matamatanews.com.

Banjir kiriman ini sebenarnya bukan terjadi di perumahan Vilanusa Indah 3 saja, Vilanusa Indah 1, dan Vilanusa Indah 2 pun mengalami hal serupa. “Bahkan dikedua perumahan Vilanusa Indah 1 dan 2 jauh lebih parah kiriman airnya,mencapai 2 meter. Di blok KE pun mencapai setinggi orang dewasa, itu di lingkungan Vilanusa Indah 3,” jelas Reinaldi, salah satu warga RW 37 Perum Vilanusa Indah 3.

Dari pantauan media ini, lingkungan warga RW 36 yang mendapat kiriman air sungai Cikeas ,masing-masing Blok KE, Blok KD, Blok KG,Blok KF,dan Blok KH.”Yang paling parah ketinggian air adalah blok KE, setinggi orang dewasa,” tukas Agus Santoso.(cam)

 

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response