Tanah Longsor Dan Bergerak Menutup Akses Utama Desa Suwidak

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA -Kecamatan Karangkobar lagi lagi mendapat musibah tanah longsor dan tanah bergerak. Jumat pagi (18/12/2020) pukul 04.05 WIB pagi hari, di Dukuh Pramen Desa Bantar Kecamatan Karangkobar telah terjadi tanah bergerak / longsor  sehingga menutup akses jalan utama Desa Suwidak menuju ke Kecamatan Karangkobar. 

Kejadian ini sangat memprihatinkan, terutama bagi para pengungsi warga Desa Suwidak. Saat ini pengungsi dari desa tersebut sangat membutuhkan bantuan. Pemerintah daerah, TNI, POLRI, Ormas dan kalangan masyarakat saling bahu membahu membantu dan mengevakuasi warga Desa Suwidak dan sekitarnya yang terdampak tanah bergerak / longsor tersebut. 

Saat awak media mendatangi lokasi pengungsian, ternyata akses yang menuju ke lokasi terputus oleh longsor. Kondisi ini sangat memprihatinkan bagi para pengungsi yang berada di Desa Suwidak. Saat ini pemerintah daerah telah mengirimkan alat berat yang sedianya untuk membuka akses jalan tersebut, namun terkendala kondisi tanah yang masih bergerak.

Sontak, kejadian ini mengundang perhatian masyarakat Banjarnegara tak terkecuali dari pemda, jajaran Polres, Kodim Banjarnegara, anggota Rapi dan beberapa Ormas lainnya. Awak media berpapasan dengan salah seorang anggota BANSER Wanayasa sedang membawa bantuan sembako ketempat pengungsian, dia berharap tanah yang menutupi akses ke tempat pengungsian segera dapat dibenahi kembali.

Menurut data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara diperoleh sebanyak 2 unit rumah rusak berat di Desa Bantar RT 03 RW 03 dan 6unit rumah, sebuah mushola di Desa Suwidak. Sedangkan Infrastruktur yang mengalami kerusakan adalah Ruas Jalan Kabupaten Desa Bantar – Desa Suwidak Dusun Sikenong rusak berat kurang lebih 400 meter.

Ruas Jalan Kabupaten Desa Bantar – Desa Suwidak Dusun Pramen Amblas sekitar 1 m  panjang 50 m, untuk sementara tidak dapat dilalui kendaraan roda 2 dan 4.Sedangkan Jumlah Pengungsi Tetap : 8 KK, 25 Jiwa, Jumlah Pengungsi Tentative : 53 KK, 169 Jiwa, Jumlah Pengungsi Keseluruhan : 61 KK, 194 Jiwa.(Jofi/Romli/AWI)

redaksi

No comment

Leave a Response