Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) Destinasi Wisata Banjarnegara

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARASebelum menjadi taman rekreasi tempat ini merupakan rimba kota yang dihijaukan kembali pada tahun 1994. Terletak di Kelurahan Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Kab.Banjarnegara Jawa Tengah atau berada 1 km dari pusat kota Banjarnegara. TRMS diresmikan oleh Jend TNI (Purn) Soesilo Soedarman yang kala itu menjabat Ketua Yayasan Serulingmas pada 21 Agustus 1997.

Apabila kita melihat ke dalam berbagai jenis satwa, binatang melata serta aneka tumbuhan langka akan kita temui di wahana seluas 10 HA ini. Lokasi yang strategis berada di bantaran Sungai Serayu yang tak lain sumber dari proyek PLTA Mrica. Selain itu dijumpai pula Sungai Merawu dan Palet seakan melengkapi keasrian wahana wisata milik BMUD Banjarnegara itu.

Ada yang unik ketika sampai di dalam lokasi, selain dijumpai flora dan fauna kita akan menjumpai sebuah makam Ki Ageng Selomanik yang tak lain adalah pengikut Pangeran Diponegoro.

Menurut seorang pengelola TRMS Sarwono menuturkan wahana wisata ini sekarang juga dilengkapi juga tempat bermain anak seperti komidi putar, kincir angin, ayunan ataupun miniatur kereta api. Koleksi satwanyapun beraneka macam seperti singa, harimau, unta, macan tutul, kangguru, owa, beruk, ular serta beraneka unggas.

" Tiap bulan sekitar 25 ribu orang mengunjungi taman rekreasi ini, tarif untuk hari senin sampai jumat sebesar 10 ribu sudah termasuk renang, sedangkan hari Minggu dan libur nasional sebesar 15 ribu termasuk renang, " kata Sarwono kepada Matamatanews.com.(javi,andi,hen/berbagai sumber)

 

 

sam

No comment

Leave a Response