Taliban Tolak Seruan Damai Afghanistan

 

Matamatanews.com, KABUL—Kelomp[ok gerilyawan Taliban dikabarkan menolak seruan damai yang rencananya akan dilangsungk Arab Saudi pada awal tahun 2019 mendatang. Taliban rencananya akan dipertemukan dengan para pejabat Amerika Serikat (AS) guna membahas upaya perdamaian, ungkap seorang pemimpin Taliban pada Minggu (30/12/2018) kemarin. Pemimpin Taliban mengungkapkan bahwa perwakilan kelompoknya akan bertemu pejabat Ameriak di Jeddah, Arab saudi untuk melakukan perundingan putarana kelima dalam beberapa hari ke depan.

“Kami akan bertemu para pejabat Amerika Serikat di Arab Saudi pada Januari tahun depan dan kami akan memulai pembicaraan kami yang tetap tidak lengkap di Abu Dhabi,” kata anggota Dewan Kepemimpinan pengambilan keputusan Taliban kepada Reuters.

Hal senada juga disampaikan oleh juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid yang mengatakan para pemimpin kelompok itu tidak akan berbicara dengan pemerintah Afghanistan.

Perwakilan dari Taliban, AS, dan negara-negara kawasan telah bertemu untuk keempat kalinya awal bulan ini di Abu Dhabi, untuk mencari cara dalam mengakhiri perang 17 tahun di Afghanistan. 

Sementara itu, Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengatakan perundingan itu harus dipimpin oleh Afghanistan dan dimiliki oleh Afghanistan. Dia bersikeras pada upaya berkelanjutan untuk membangun jalur langsung komunikasi diplomatik dengan Taliban. (cam)

sam

No comment

Leave a Response