Taliban Sebut ISIS di Afghanistan Lebih Terkendali

 

Matamatanews.com, KABUL—Meski serangan yang dilakukan kelompok ISIS belum lama ini  telah menewaskan puluhan orang, namun penguasa Taliban Afghanistan pada hari Rabu (10/11/2021) kemarin mengatakan, bahwa serangan yang ditimbulkan kelompok ISIS di negara itu masih “lebih terkendali” atau jinak.

Juru bicara Zabihullah Mujahid mengatakan pada konferensi pers bahwa IS "bukan ancaman besar", seraya menambahkan bahwa sekitar 600 anggota atau simpatisan telah ditangkap sejak Taliban menguasai negara itu pada pertengahan Agustus lalu.

Ia mengatakan dari beberapa orang yang ditangkap di antaranya adalah wanita.

“Mereka tidak banyak di Afghanistan, karena mereka tidak mendapat dukungan rakyat,” kata Mujahid, seraya menambahkan bahwa Taliban akan terus melanjutkan operasi melawan musuh mereka.

Sebuah kelompok seperti Taliban, kelompok IS lebih ekstrim dan menganjurkan “jihad global” daripada perjuangan nasional.

Mujahid mengatakan bahwa tidak seperti mitranya di Timur Tengah, IS-Khorasan sebagian besar terdiri dari pejuang lokal, dan kehadirannya di Afghanistan bukanlah ancaman bagi negara lain.

Namun, kelompok itu mengaku bertanggung jawab atas serangkaian serangan sejak Taliban kembali berkuasa.

Salah satu yang terbaru, pada awal November, ISIS menyerang Rumah Sakit Militer Nasional Kabul, menewaskan sedikitnya 19 orang dan melukai lebih dari 50 orang.IS-K secara terbuka menargetkan minoritas dan khususnya Hazara.Lebih dari 120 orang tewas dalam serangan awal tahun ini di dua masjid yang populer di Hazara.(bar/bol news)

redaksi

No comment

Leave a Response