Taliban Ancam Amerika Hengkang dari Afghanistan

 

Matamatanews.com, KABUL—Kelompok Taliban dengan tegas mengancam pasukan Amerika Serikat untuk hengkang dari Afghanistan bila tidak ingin mengalami nasib serupa seperti Uni Soviet. Pernyataan tersebut dilontarkan juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid. Ia menyatakan, pasukan Amerika Serikat harus mengambil pelajaran dari kekalahan Soviet di Afghanistan, dan jangan coba-coba  melawan kekuatan bangsa Afghan bila tidak ingin mengalami nasib serupa.

Seperti  diketahui pasukan Soviet hengkang dari Afghanistan pada tahun 1989 setelah sepuluh tahun bertempur, namun gagal .Kepergian Soviet dari Afghanistan bukan saja menimbulkan perang sipil dan korban bergelimpangan, tapi juga melahirkan kelompok Taliban.

Hubungan Taliban dan Amerika Serikatdi masa mendatang kata Mujahid harus didasari atas kepentingan diplomasi dan ekonomi ,bukannya perang. Dan sejauh ini. Taliban sendiri sejauh ini belum merespon berita terkait rencana Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menarik mundur hampir setengah dari 14 ribu pasukan Amerika Serikat di Afghanistan.

Menanggapi rencana Trump  menarik mundur pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan, seorang komandan senior AS menyatakan gembira atas keputusan tersebut. Diakui olehnya, selama ini Talibang memang  selalu meminta penarikan mundur pasukan asing sebagai dasar dilakukannya perundingan damai di Afghanistan.

Meski penarikan mundur tentara Amerika Serikat dari Afghanistan belum terkonfirmasi  oleh Gedung Putih, namun rencana tersebut telah membuat sejumlah para diplomat asing terkejut dan kecewa. Rencana tersebut terungkap ketika utusan Amerika Serikat, Zalmay Khalilzad bertemu dengan Taliban di Abu Dhabi pekan lalu dalam upaya membujuk  Taliban untuk bersedia duduk dalam meja perundingan dengan pemerintah Kabul. (cam)

 

sam

No comment

Leave a Response