Takmir Masjid Agung Baitussalam Gelar Kuliah Bahasa Arab Dasar Untuk Umum

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Bahasa Arab adalah salah satu bahasa penting yang dapat dipelajari. Bahasa ini dipakai oleh negara Liga Arab seperti Maroko, Mesir, dan Saudi Arabia. Untuk mahir Bahasa Arab tentu kita perlu banyak belajar terutama dari kosa kata dasar yang mudah dan dipelajari sehari-hari. Hal tersebut diungkapkan Humas Masjid Agung Baitussalam, Purwokerto Ir.H.Alief Einstein,M.Hum kepada Matamatanews.com.

A. Program Kajian Halaqoh

Ketua Takmir Masjid Agung Baitussalam Purwokerto Dr.Drs.Muh. Hizbul Muflihin,BA.,M.Pd. memaparkan bahwa Hasil Rakor Evaluasi kegiatan Takmir Masjid Agung Baitussalam, Purwokerto di akhir tahun 2021 memutuskan bahwa untuk memulihkan kembali ghirah Jama'ah MAB dalam memakmurkan masjid telah dimulai Program Kajian Halaqoh Spesial Bakda Maghrib. Program tersebut diantaranya Halaqoh Fikih oleh Ust.Samingan, Tahsin oleh Ust.Masnun, Aqidah oleh Ust.Safinudin, Akhlak oleh Ust.Hizbul Muflihin, Hukum oleh Ust.Mulyono, Kajian Tematik oleh Ust.  Sakuri, dan Bahasa Arab oleh Ust.Amrulloh.

Program halaqoh berlaku untuk umum, baik tua, muda, wanita, pria, dan remaja ini dibuka oleh Ketua Takmir MAB. Dr. Drs.H.Hizbul Muflihin.B.A., M.Pd. pada hari Sabtu 1 Januari 2022.

Muh. Hizbul Muflihin yang juga dosen UIN Prof.KH.Saifuddin Zuhri, Purwokerto mengatakan bahwa khusus halaqoh Bahasa Arab resmi dibuka Kamis. 6 Januari 2022 setelah Sholat Maghrib sampai 'Isya'. 

"Halaqoh program Bahasa Arab diawali dengan pengenalan kosa kata (mufrodat). Yang familier dengan benda yang ada di sekitar kita, misalnya قلم. دفتر. سبورة. نافذة dan lain sebagainya. Jika kosa kata benda sudah dikuasai dilanjutkan dengan ismu isyarah/kata yang menunjukkan sesuatu benda misalnya ini, itu, dan seterusnya.Kajian Bahasa Arab ini lebih ditekankan pada penguasaan mufrodat, kalimat isim, dan fi'il," terangnya.

"Harapan kami dengan program Bahasa Arab ini ummat Islam semakin mencintai bahasanya orang Islam yaitu Arab. Dengan cinta Bahasa Arab dan menguasainya maka lambat laun diharapkan bisa menterjemahkan bahasa Al Qur'an," lanjutnya.  

Dr.Drs.Muh. Hizbul Muflihin,BA.,M.Pd. berharap semoga peserta halaqoh Bahasa Arab ini bisa istiqomah mengikutinya dan agar lebih intensif dalam belajarnya, maka perlu memiliki buku Bahasa Arab Dasar.

B. Kuliah Bahasa Arab Dasar

Wakil Ketua Takmir Masjid Agung Baitussalam Purwokerto Amrulloh Sucipto Aji,S.Sos. mulai hari Kamis 06 Januari 2022 menggelar Program

Kuliah Bahasa Arab Dasar, GRATIS dan Terbuka Untuk Umum dengan materi Nahwu dan Sharaf serta kitab rujukan Mukhtarat qowa'idillughotil 'arabiyati (Ringkasan Kaidah-Kaidah bahasa Arab). 

"Pelaksanaan Kuliah Bahasa Arab Dasar setiap hari Kamis malam Jum'at setelah (bakda) Shalat Maghrib sampai sebelum Shalat Isya bertempat di Masjid Agung Baitussalam (MAB), Purwokerto. Informasi selengkapnya silahkan hubungi Amrulloh Sucipto 085291054897," jelasnya.

Syarat pendaftaran Kuliah Bahasa Arab Dasar menurut Amrulloh Sucipto yaitu :

1. Memiliki buku rujukan 

(Bisa dipesan via 085291054897),

2. Mengisi formulir pendaftaran,

3. Untuk mendaftar silahkan gabung ke Group WA Program Bahasa Arab MAB :http: //chat.whatsapp.com/DIdv60Lx9dizcvaW4Fb9B.(hen)

redaksi

No comment

Leave a Response