Tahun 2022 Rusia Punya 20 Satelit Penginderaan Jarak Jauh

 

Matamatanews.com, MOSKOW—Tahun depan Rusia dikabarkan akan memulai membuat pusat penginderaan jarak jauh satelit nasional hingga tahun 2022, dan negara itu saat ini diperkirakan telah memiliki 20 satelit penginderaan jarak jauh di orbit, kata Valery Zaichko,wakil direktur depertemen sistem ruang navigasi dari perusahaan luar angkasa Rusia.Roscosmos seperti dilansir kantor berita Rusia,TASS pada selasa (12/11/2019).

"Pada tahun 2025, bahkan mulai dari tahun 2022, kami berencana untuk memiliki sekitar 15-20 pesawat ruang angkasa sebagai bagian dari kelompok orbit Rusia, termasuk untuk survei hidrometeorologis dan radar,” kata Zaichko pada hari Senin (11/11/2019) kemarin, dalam konferensi bertajuk 'Tantangan modern untuk penginderaan jauh dari Bumi dari luar angkasa. '

Pejabat itu mengatakan bahwa kelompok orbit penginderaan jarak jauh Rusia saat ini memiliki 11 satelit yang sebagian besar dari keluar Kanopus.

"Kita bisa mendapatkan [citra] objek yang sama setiap hari, dua kali sehari. Dalam satu minggu, kita membuat gambar dari area sekitar 17 juta kilometer persegi," katanya.

Menurut Zaichko, satelit Elektro-L akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Tiga satelit lagi, termasuk satelit Resurs-P dan Meteor, akan dimasukkan ke dalam orbit pada tahun 2020. Pada tahun yang sama, Rusia akan mulai menciptakan sistem ruang angkasa yang diberi judul Arktika (Arktik).

Pada tahun 2021, Rusia berencana untuk meluncurkan satelit dari seri Resurs-P, Meteor, Kondor-FKA, Obzor-R dan Elektro-L.

Pusat penginderaan jauh satelit

Pada tahun 2020, Rusia berencana untuk mulai menciptakan Pusat Nasional untuk penginderaan jauh Bumi, mirip dengan Pusat Manajemen Pertahanan Nasional yang ada di Kementerian Pertahanan Rusia dan Pusat Manajemen Situasi Krisis Nasional dari Kementerian Situasi Darurat Rusia, kata Zaichko.

"Kami telah menciptakan operator sistem ruang penginderaan jauh, tetapi kami berencana untuk melangkah lebih jauh. Hari ini, atas dasar operator ini, Roscosmos mendirikan Pusat Nasional untuk Penginderaan Jauh Bumi dari ruang angkasa," lanjut Zaichko.

Dia menambahkan bahwa fasilitas utama pusat akan berlokasi di Moskow, dan beberapa fasilitas tambahan - di kota Kalyazin, berdasarkan pusat komunikasi luar angkasa.Adapun pekerjaan yang akan dimulai pada tahun 2020  dijadwalkan selesai pada tahun 2023.

Awal tahun ini, perusahaan induk Sistem Antariksa Rusia (anak perusahaan Roscosmos) membuka pusat di Antartika untuk mengumpulkan dan memproses data dari satelit penginderaan jauh.Itu menjadi fasilitas pertama sistem informasi integral Rusia tentang penginderaan jauh Bumi di belahan bumi selatan.

Operasi skala penuh dari sistem informasi integral penginderaan jauh Bumi dimulai pada 2016. Ini terdiri dari pusat-pusat yang tersebar di seluruh wilayah Rusia - mulai dari eksklaf Baltik di Kaliningrad di barat hingga kota Khabarovsk di Rusia Timur Jauh, termasuk zona Arktik (pusat yang sudah beroperasi di Dudinka ditambah dua fasilitas yang direncanakan di Chukotka dan Anadyr).

Sistem ini memastikan kerja sama pusat-pusat dengan kelompok satelit penginderaan jauh, merencanakan penginderaan jauh, mengumpulkan dan memproses data serta memberikan informasi kepada pengguna akhir.(cam)

redaksi

No comment

Leave a Response