Tahun 2017 Rusia Jual Senjata Senilai 15 Miliar Dolar Amerika

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Selama kurun tahun 2017 lalu Rusia telah menual senjata ke luar negeri senilai 15 miliar dolar Amerika , dan angka tersebut dianggap stabil dibandingkkan dengan tahun sebelumnya. Hal itu dikatakan oleh Russo Bornexpor yaitu badan yang bertanggungjawab atas ekposr peralatan militer.

Pada 2017 Russo Born Export menandatangani kontrak senilai sekitar 15 miliar dolar Amerika dengan pelanggan dari 53 negara, agensi tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Hasil ini memungkinkan Rusia untuk mempertahankan posisinya yang dominan di pasar senjata dunia”.

Pada 2016, penjualan senjata Rusia melampaui US$ 15 miliar dan diekspor ke 52 negara. Sedangkan  2015, ekspor peralatan militer Rusia ke luar negeri mencapai  14,5 miliar dolar Amerika.Menurut Institut Cipri independen, pada

tahun  2012  sampai 2016 lalu Amerika Serikat berada dipuncak sebagai eksportir senjata terbesar  mencapai 33persen dari total pasar Rusia yang hanya 23 persen. Sementara Cina hanya sebesar 6,2 persen, dan Perancis persen.

Rusia tampaknya butuh waktu 15 tahun untuk memoderniasi angkatan bersenjatanya, meski telah lama memasok senjata ke India dan Cina  namun  pada tahun-tahun terakhir pemerintah Rusia juga memberikan juga senjata ke rezim Suriah sekaligus mendukungnya.

“ Terlepas dari tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari sejumlah negara Barat dan metode persaingan tidak sehat, kami telah berhasil menembus pasar baru di luar negeri, berbicara mengenai sejumlah pelanggan baru di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah, tanpa memberikan rincian lebih lanjut, “kata Mekiev dalam sebuah pernyataan.

Pekan lalu, Departemen Luar Negeri mengumumkan bahwa pemerintah asing telah mulai mengubah kontrak senjata dengan Rusia di bawah undang-undang yang disahkan oleh Kongres pada musim panas lalu yang melarang perdagangan dengan 39 perusahaan senjata Rusia. (cam/al mugtama)

 

sam

No comment

Leave a Response