Tahukah Anda Fenomena Youtube

 

Matamatanews.com-JAKARTA—Youtube didirikan pada bulan februari 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Pada awalnya kantor pusat Youtube terletak di lantai atas sebuah restoran Pizza dan Restoran jepang di San Mateo, California,Amerika Serikat. Video awal yang pertama kali di Upload di Youtube berjudul “Me at The Zoo”, menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini video tersebut masih dapat disaksikan di youtube.

Youtube meluncurkan Beta test pada bulan Mei 2005, 6 bulan sebelum official launching yang dilaksanakan pada bulan November 2005. Pada bulan juli 2006 atau 8 bulan setelah diresmikan, tercatat 65.000 video baru di upload ke situs Youtube setiap harinya, dengan 100 juta views per hari

Pemilihan nama http://www.youtube.com mengakibatkan masalah bagi sebuah situs bernama mirip, http://www.utube.com. Pemilik situs, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan gugatan terhadap YouTube pada November 2006 setelah mengalami kelebihan beban secara teratur yang diakibatkan oleh orang yang mencari situs YouTube.

Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. membeli Youtube senilai US$1,65 miliar. Pada tahun 2007 Youtube telah mengkonsumsi Bandwidth menyamai besarnya Bandwidth keseluruhan internet di dunia pada tahun 2000. Pada bulan juni 2008 majalah Forbes memberitakan bahwa pendapatan Youtube selama tahun 2008 diperkirakan mencapai US$ 200 juta.

Pada tahun 2008 Youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award dan karena telah menjadi “Speakers Corners” dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi dan kebebasan berpendapat. Saat ini Youtube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amerika Serikat, bahkan dunia, dengan menguasai 43 persen pasar. Diperkirakan 20 Jam durasi video di upload ke Youtube setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari.

Youtube sendiri sekarang menjadi situs berbagi video yang cukup favorit dikarenakan didalamnya lebih menarik dari Teve. Bagaimana tidak menarik,di situ kita bisa mencari banyak hal yang kita inginkan.Bukan hanya sebagai media untuk hiburan tapi untuk belajar/edukasi,kita bisa banyak belajar dari video-video yang ada di youtuber atau yang diupload oleh para youtubers,dari tutorial sampai tips n trik dari hal yang kita inginkan.

Tapi ada juga kekurangannya dan mesti diawasi ketika anak dibawah umur menikmatinya,seperti bahasa youtubers yang kasar,kotor dan hal-hal berbau dewasa yang tidak di sensor. Orang tua harus memberikan pengertian dan pemahaman lebih kepada anaknya yang dibawah umur agar tidak salah dalam mengartikan apa yang dia lihat di youtube.

Munculnya fenomena youtubers yakni orang-orang yang ingin berbagi atau menampilkan sesuatu secara visual dan memanfaatkan youtube sebagai medianya.Bukan hanya sebagai media sharing tapi biasa tapi youtubers bisa mendapatkan pundi-pundi dari Youtube berupa komisi terhitung dari banyak viewersnya youtubers tersebut.

Bukan hanya sebagai media untuk menampilkan hal-hal secara visual melainkan bisa menjadi lahan untuk diskusi karna youtube sendiri memberikan  tempat untuk komentar yang dijadikan penikmat youtube untuk memberikan komentarnya bahkan berdiskusi dan juga ada fasilitas berlangganan dimana ketika kita menyukai suatu channel kita bisa klik tombol “Subscribe”atau yang artinya berlangganan.

Jadi semisal channel itu update/menambahkan video baru kita akan diberi tahu,lalu ada juga fasilitas “like-dislike”dilambangi dengan jempol ke atas/jempol kebawah,,dimana bisa juga menentukan kualitas dari video tersebut apakah kita suka atau tidak. Youtube sendiri sekarang ini dimanfaatkan youtubers dijadikan sebagai  media segala fungsi,dari mulai  promosi-promosi

mencakup,musik,video musik, film dengan trailer atau cuplikan,produk belanja,tempat-tempat hiburan termasuk kuliner,otomotif,Gadget dengan melakukan perbandingan produk dan lain-lain. Yang tentunya ada yang dikontrak oleh merek produk tersebut tapi ada juga yang murni membandingkan tanpa terikat kontrak dari merek tersebut untuk promosi.

Hiburan :penikmat youtube bisa menikmati acara Siaran ulang TV,Acara favorite,moment-moment Lucu yang terjadi diluar sana,  hal-hal yang unik, bahkan kita bisa membagikan hal-hal unik & lucu yang kita alami, ada juga VLOG(video Blog)Yang dibuat oleh para Youtubers  yang isinya Youtubers  membagikan  kegiatan mereka lewat video dari mulai kegiatan sehari-hari,traveling, games,tips n trik  bahkan parodi komedi yang tentunya memiliki penikmat dan penggemarnya sendiri bahkan lebih menarik daripada hiburan yang ada di Teve.

Penyelidikan :Youtube juga sangat berguna untuk penyelidikan bagi para aparat hukum dikarenakan terdapatnya informasi berupa video yang secara nyata dapat kita lihat perilaku-perilaku atau hal yang dapat melanggar hukum.TUTORIAL : tutorial mulai dari tutorial games,cooking,Bahasa Pemrograman,Teknik,Musik,Broadcast dan lainnya. (Agung Pratomo/berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response