Surat Keterangan Pengganti e-KTP Bisa Dipakai Mencoblos

 

Matamatanews.com.JAKARTA—Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyatakan surat yang dikeluarkan Dukcapil sambil menunggu e-KTP jadi dapat digunakan sebagai syarat untuk mencoblos.

“ Hak warga negara untuk meggunakan hak politiknya, maka 101 daerah ini konsentrasi kami. Syukur sudah mendapatkan e-KTP, tapi bagi yang belum, bisa menggunakan surat keterangan. Tapi tidak menggunakan KTP lama.” ujar Tjahjo, Senin (26/9/2016).

Disebutkan dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), memang diizinkan bagi warga yang tidak terdaftar sebagai pemilih tetap, bisa mencoblos hanya dengan membawa e-KTP atau surat keterangan pengganti e-KTP bagi yang belum memiliki e-KTP ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“ Kita dorong Dukcapil untuk melakukan perekaman, supaya pemilih semua pakai e-KTP dan tidak perlu pakai surat keterangan.” ujar Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Mimah Susanti, usai rapat dengan Gubernur DKI di Balai Kota, Senin (19/9/2016).Tjahjo Kumolo menjelaskan, bila ingin memilih di Pilkada, yang utama warga harus melakukan perekaman data terlebih dahulu. “ Merekam KTP baru dulu. Ini kan sesuai undang – undang, harus menggunakan e-KTP. Tapi kira warning sampai September, itu luar biasa.” tutunya.

Namun, sebelumnya Bawaslu menyebutkan surat keterangan pengganti e-KTP rawan diselewengkan, karena tidak ada mekanisme terhadap hasil dari pemakaian surat itu. selain itu surat itu dikeluarkan oleh pemegang birokrasi terendah yakni Lurah. Tidak ada yang bisa menjamin kalau surat itu dikeluarkan oleh setempat atau tidak. (adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response