Sumber Militer Sebut Intelijen Turki dan Pejuang Asing dari Suriah Tiba di Libya

 

Matamatanews.com, JEDDAH—Sejumlah sumber intelijen di Timur Tengah mengungkapkan bahwa agen intelijen Turki dan para pejuang asing telah tiba di Libya,tepatnya di depan unit militer Turki yang saat ini tengah dalam perjalan menuju Tripoli. Seperti dilansir Al Arabiya.Menurut sumber ini, para pejuang dari berbagai negara telah sampai di Libya dari Suriah.

Sumber-sumber itu juga mengatakan bahwa Turki telah menyediakan kepada Pemerintah Accord Nasional yang diakui PBB dengan alat-alat penglihatan malam serta detektor-detektor ranjau dan bahan peledak sebagai persiapan untuk kedatangan unit-unit militer Turki.

Abdel Hakim Belhadj, seorang pemimpin pemberontak yang membantu menggulingkan mantan pemimpin Libya Muammar Qaddafi pada 2011, dikatakan telah bertemu dengan para pemimpin Ikhwanul Muslimin Libya di Turki dalam beberapa hari terakhir, menurut sumber.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Minggu bahwa unit militer Turki telah mulai bergerak ke Libya untuk mendukung GNA Fayez al-Sarraj, yang berbasis di Tripoli.

GNA yang dipimpin oleh al-Sarraj sedang berperang melawan pemerintah alternatif yang berbasis di kota timur Benghazi yang pasukannya dipimpin oleh Jenderal Khalifa Haftar. GNA bergantung pada sejumlah besar milisi, termasuk kelompok-kelompok Islam dan teroris, yang dibentuk pada dan setelah pemberontakan 2011 melawan diktator lama Qaddafi.

Haftar melancarkan serangan untuk merebut ibukota Libya Tripoli pada bulan April dengan bersumpah untuk mengakhiri pemerintahan milisi yang mencakup kelompok garis keras yang terkait dengan al-Qaeda dan lainnya.(cam)

 

redaksi

No comment

Leave a Response