Sosialisasi Penggiat Anti Narkotika Butuh Kerjasama Pemda

 

Matamatanews.com, PURWAKARTA— Ketua DPC LSM GANN (Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Anti Narkotika Nasional) Kabupaten Purwakarta Dede Mulyadi menyatakan, permasalahan penyalahgunaan narkoba telah merambah ke semua tatanan kehidupan masyarakat. Oleh karena itu menurutnya, diperlukan upaya-upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat yang komprehensif dan berkesinambungan. 

Dede menambahkan, dalam hal ini para penggiat anti narkoba sebagai agen P4GN (Program Pencegahan, Pemberantasan  Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba) diharapkan dapat berpartisipasi aktif, salah satunya adalah apabila ada di lingkungannya yang terindikasi penyalahgunaan narkoba agar segera melaporkannya ke IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor), sehingga dapat dilakukan proses rehabilitasi.

"Penggiat Anti Narkoba bisa menjadi perpanjangan tangan BNN (Badan Narkotika Nasional) atau Pemerintah dalam upaya P4GN. Para penggiat dapat melakukan upaya dari hal-hal sederhana, misalnya sosialisasi lewat M2M atau dari mulut kemulut, "jelasnya.

"Kita harus berjbaku dan bergandengan tangan karena nantinya akan membantu untuk terus menurunkan prevalensi penggunaan narkotika. Kita harus menjadi salah satu agen untuk menyebarkan virus baik kepada masyarakat lainnya, "tegas Dede.

Lanjut Dede, pengguna yang paling banyak tipenya adalah pengguna coba-coba. Pengguna tersebut dapat diobati dengan pendekatan pribadi dan pendekatan keluarga tanpa harus menjadi pengguna tetap. 

"Ada beberapa paradigma bahwa orang yang memiliki masalah dengan narkotika (kecanduan) merupakan seorang kriminal, "katanya.Dede menambahkan, dalam penyampaian informasi sangat berpengaruh terhadap anak milenial. 

"Kita harus memberikan informasi yang akurat dan tepat yang melebihi pengetahuan mereka dan menggunakan komunikasi assertive atau memperbanyak diskusi, "pungkasnya. (Abidin/Javi/Nusa/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response