Solusi Mengatasi Banjir Perkotaan

 

Matamatanews.com-JAKARTASebagai negara yang mempunyai  dua musim :kemarau dan  penghujan, Indonesia selalu menghadapi permasalahan banjir ketika hujan melanda terutama  kota besar seperti Jakarta. Sejak sebelum dan sesudah kemerdekaan masalah banjir di Jakarta hingga kini tidak kunjung usai.Padahal banyak sudah yang dilakukan pihak pemerintah  untuk membenahi banjir,seperti normalisasi kali maupun membuat pori-pori.

Guna mengatasi genangan banjir diberbagai jalan ibukota yang kadang menimbulkan kemacetan ,kini pemerintah tengah mempersiapkan inovasi baru,dengan memasang beton penyerap air. Beton ini menggunakan Topmix Permeable asal Inggris yang dikembangkan oleh Lafarger Tarmac. Topmix Permeable sendiri tampaknya dibuat memang khusus mengatasi masalah banjir,terutama di kawasan ibukota yang minim serapan air.

Beton ini sebenarnya bukan tekhnologi baru,karena sejak tahun 1800 mayoritas negara eropa  telah menggunakannya,terutama Inggris dan Skonlandia.Selain  mudah dan tidak memakan banyak ruang terbuka, beton ini pun mampu menampung volume air yang berlebih,sehingga penyerapan air dapat dimaksimalkan.Mampukah Jakarta mengikuti langkah Inggris dan Skotlandia menggunakan beton satu ini? Kita tunggu lihat perkembangannya. (Andro Dwi Putranto)

 

sam

No comment

Leave a Response