SMKN 2 Banyumas ,Tuan Rumah Lomba Welding Dan Autobody Repair LKS SMK Jateng 2019

 

Matamatanews.com, BANYUMAS - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke XXVIII, yang gelaran kali ini diadakan di Kab. Banyumas selama dua hari 28 dan 29 Oktober 2019. Lomba yang digadang gadang mampu mendorong pendidikan vokasi di tiap kabupaten/kota, provinsi dan nasional guna mengurangi jumlah pengangguran ini diikuti oleh ribuan peserta dari 35 kabupaten yang mempertandingkan 55 jenis mata lomba.

Ke 55 jenis lomba yang dipertandingkan merupakan kelompok bidang lomba Teknologi dan Industri, Teknologi Informasi, Pariwisata, Bisnis Manajemen dan Pekerja Sosial, Perikanan, Pertanian, Kriya, Seni dan Kesehatan serta Ekshibisi.

SMKN 2 Banyumas merupakan salah satu peserta sekaligus menjadi tuan rumah untuk mata lomba Autobody Repair dan Welding. Kedua mata lomba inilah yang selama ini menjadi andalan SMK yang beralamat di JL.Pramuka 42 Banyumas untuk berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Menurut salah seorang panitia lomba Welding Warih Susanto, ST lomba kali ini diikuti 27 peserta dari 23 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Kriteria lomba welding menurutnya ada beberapa jenis pengelasan yakni posisi tiga, pengelasan plat, pipa maupun vessel. Disamping kerapian pekerjaan hasil pengelasan ini akan diuji tingkat kebocoran dengan tekanan air yang tinggi.

" Kebetulan sekali bengkel SMKN 2 Banyumas telah mengacu standart nasional, dan saat untuk di tingkat Jawa Tengah bengkel kami yang terbaik, sehingga kamipun benar benar siap untuk ajang kali ini, " katanya pada Matamatanews.com.

Warih Susanto berharap dengan adanya lomba ini kedepannya ada program pengembangan terutama bagi anak didik untuk mendapatkan pengakuan dari Lembaga Sertifikasi Profesi. Disamping itu menurutnya, SMKN 2 Banyumas menjadi tempat uji kompetensi.

" Kami tengah menjalankan kerjasama dengan dunia industri, diharapkan kami punya kelas industri, setiap lulusan akan diserap di industri industri yang menjadi mitra kami, " katanya.

Terpisah panitia lomba Autobody Repair Winardi,SPd mengungkapkan lomba kali ini diikuti oleh 19 peserta kabupaten/kota di Jawa Tengah. Menurutnya, ada 5 klasifikasi yang perlombakan yakni perbaikan pintu mobil dengan palu, perbaikan pintu mobil dengan las water, penyambungan panel menggunakan cutting joint, pengecatan atau spraying menggunakan cat oplosan yang diaplikasi, dan pendepulan pada panel yang luka.

Dengan keikutsertaan SMKN 2 Banyumas di LKS kali ini Winardi berharap adanya peningkatan dari kegiatan lomba di tahun berikutnya.

" Kami sangat mendukung penggunaan pemakaian bahan bahan terutama cat yang ramah lingkungan. Diharapkan penggunaanya menjadi standar industri tidak hanya berpengaruh pada kesehatan teknisi tetapi lebih luas meminimalisir tingkat polusi, " pungkasnya. *(hen)

 

redaksi

No comment

Leave a Response