Sistem Pengawasan Impoten, Buruh Ilegal Cina Melenggang

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Lemahnya pengawasan pemerintah, membuat banyaknya buruh ilegal Cina melenggang masuk ke Indonesia. Seharusnya ketika menerapkan kebijakan bebas visa, pengawasan masuknya warga negara asing juga harus diperketat, hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi III Fraksi PDIP Masinton.

Kamis (22/12/2016), saat dihubungi media, Masinton mengatakan, "Itu monitoring-nya yang lemah. Evaluasi itu bisa dilakukan dalam aspek pengawasan monitoring pengawasan. Harusnya ketika kebijakan bebas visa dilakukan, harusnya pengawasan terhadap orang-orang asing itu di Indonesia harus ketat".

Menurut Masinton, kebijakan bebas visa hanya untuk berkunjung bukan untuk menetap dan bekerja di Indonesia. "Jangan sampai menyalahgunakan bebas visa itu. Visa kunjungan tapi aktivitasnya di sini malah kerja. Nah itu kan pengawasannya yang lemah," terangnya.

Masinton meminta pemerintah melalui Dirjen Keimigrasian melakukan evaluasi sistem pengawasan dan monitoring. Dia juga menuturkan, persoalan buruh asing ilegal karena pihak imigrasi lamban melakukan deteksi. "Jadi, evaluasi itu terkait dgn sistem pengawasan dan monitoringnya. Deteksinya tidak cepat gitu lho. Harusnya kan cepat deteksi. Harusnya pengawasan dari imigrasi lebih cepat," pungkasnya. [Did/Mdk/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response