Silaturahmi dan 8 Tahun HIMPUNI Bersama Kementerian Pertanian

 

Matamatanews.com, JAKARTA -Bertempat, di Auditorium Kementerian Pertanian Jalan Harsono Rm Dalam No.3, Jakarta Selatan, di gelar acara Silaturahmi 8 Tahun HIMPUNI.

Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed angkatan 1980 Rudi Sutanto,SE.,MM. mengatakan, deklarasi 18 Organisasi Alumni (OA) Perguruan Tinggi Negeri , yang diprakarsai oleh : IKA UNDIP, KAGAMA, IA ITB, HA IPB, IKA ITS, ILUNI UI, IKA UB, IKA UNRAM, IKA UNPAD, IKA UA, IKA UNS, KAUnsoed, IKA UNSYIAH, IKA USU, IKA UNAND, IKA UNSRAT, ILUNI UNP, dan IKA UNIMED, sepakat untuk mendirikan Perhimpunan Organisasi Alumni PTN/Perguruan Tinggi Negeri (HIMPUNI), sekaligus ditetapkan menjadi hari lahir HIMPUNI.  

"Saat ini, HIMPUNI memasuki tahun ke-8, terdapat 51 Organisasi Alumni PTN yang tergabung di dalamnya, tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dengan jejaring alumni yang ditahun 2024 mencapai 7.407.685 alumni,"ungkap Rudi Sutanto.

Rudi Sutanto menjelaskan bahwa pada tanggal 28 Mei 2024, HIMPUNI bersama Kementerian Pertanian, menyelenggarakan silaturahmi sekaligus perayaan 8 tahun HIMPUNI mengusung tema: Peningkatan Produksi Pangan Nasional. Gelaran ini dihadiri oleh 687 alumni PTN. 

Di dalam sambutannya Menteri Pertanian, Dr.Ir.Andi Amran Sulaiman,MP. (Ketua Umum IKA Universitas  Hasanuddin) menyampaikan langkah starategis Kementan, untuk meningkatkan produksi pertanian nasional, dan peluang bersama HIMPUNI, untuk mengambil peran nyata yaitu peningkatan produksi pangan.

Rudi Sutanto yang juga Deputi Pengkajian Kerjasama Strategis, Badan Eksekutif HIMPUNI mengatakan bahwa disisi lain Unsoed sejak tahun 2010, telah mengembangkan padi Inpago Unsoed Protani, hasil Laboratorium Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi, Fakultas Pertanian, Unsoed, oleh tim :  Prof.Ir.Totok Agung,DH.,MP.,PhD., Dr.Agus Riyanto,SP.,MSi., dan Dr.Dyah Susanti,SP.,MP., 

Perakitan padi gogo protein tinggi ini, telah diuji lebih dari 16 lokasi di berbagai wilayah Indonesia, dan telah dilepas sebagai varietas unggul nasional.

'Melanjutkan dari hasil Silaturahmi ini, Kementerian Pertanian bersama HIMPUNI, sedang merancang agenda pertemuan,  yang akan dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2024, untuk dapat mengimplementasikan kerjasama secara nyata. Diharapkan Unsoed dapat pula berperan, dengan membawa varietas Protani Unsoed, " ungkap Rudi Sutanto.

Dalam acara Silaturhami tersebut kata Rudi, selain dihadiri sejumlah alumni dari 21 Organisasi Alumni anggota HIMPUNI juga hadir tokoh-tokoh , diantaranya : Ali Masykur Musa, Akhmad Muqowam,  Chandra Motik, Marzuki Alie, Haiban Hadjid, Sirra Prayuna,  Rektor Universitas Balikpapan Dr.Ir.M.Isradi Zainal,ST.,MM.,MH., CAAE.,IPU.,A.Eng, 

Selain itu hadir pula Presidium HIMPUNI yakni Sutopo Kristanto (Ketua Umum IKA ITS) Koordinator, Irawati Hermawan (Ketua Umum IKA UNPAD), Sekjen, Walneg S. Jas (Ketua Umum HA IPB), Isran Noor (Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018-2023 dan Ketua Umum IKA UNMUL), kemudian hadir Badan Eksekutif HIMPUNI, Ketua Umum Organisasi Alumni PTN, Sekjen Organisasi Alumni PTN, Ketua Umum Alumni PTN periode sebelumnya, dan undangan lainnya. (hen)

 

redaksi

No comment

Leave a Response