Shalmali Kholgade Pernah Jadi Penyanyi Playback Terbaik Tahun 2013

 

Tak seorangpun yang menduga, jika penyanyi bersuara lembut ini bakal memenangkan ajang bergengsi seperti Filmfare Awards.
Namun itulah yang terjadi pada gadis cantik berusia 23 tahun ini.

Matamatanews.com-MUMBAI—Nama Shalmali Kholgade memang masih agak asing di dunia tarik suara, terutama di jajaran penyanyi playback. Namun nyatanya gadis cantik ini berhasil meraih Filmfare Awards sebagai Penyanyi Playback Wanita Terbaik, mengungguli tiga rekannya Neti Mohan (Jiya Re / Jab Tak Hai Jaan), Shreya Ghosal ( Saans / Jab Tak Hai Jaan & Chikni Chameli / Agneepath) dan Kavita Seth (Tumhi Ho Bandhu’/Cocktail).

Sejak lagu yang dibawakannya, Pareshaan (soundtrack film Ishaqzaade) meraih hits, nama Shalmali Kholgade tiba-tiba mencuat. Bahkan gadis asal Marathi ini kemudian dikenal sebagai ‘Gadis Pareshaan’. Gadis kelahiran 2 Januari 1990 ini pertama kali tampil di atas panggung pada usia 16 tahun. Shalmali sendiri sebenarnya sudah belajar musik sejak usia 8 tahun, di bawah bimbingan sang ibu, Uma Kholgade, yang juga seorang penyanyi India klasik dan juga seorang pemain teater. Shalmali kemudian melanjutkan pelajaran musiknya di bawah asuhan Shubhada Paradkar, dan karena kejeniusannya, Shalmali diterima di L.A Music Academy, tetapi Shalmali malah tidak mengambilnya. Dia lebih suka untuk memulai rekaman, karena itu sudah merupakan komitmennya.   
Sebagai penyanyi pemula yang mampu berbahasa Inggris dan Hindi, Shalmali didapuk untuk menyanyi selama dua jam sebagai penghargaan kepada penyanyi favoritnya, Amy Winehouse tahun lalu di Blue Frog, Mumbai yang dihadiri orang banyak.

Dia juga merupakan seorang vokalis dengan akting  Mikey McLeary yang popular, The Bar, di mana dia tampil cantik membawakan lagu Bollywood dengan cara yang sensual, bernuansa jazz dan akan segera ditampilkan dalam album mereka mendatang. Kelihaiannya dalam menyanyi maupun berpenampilan, membuat Shalmali tampil secara solo dengan rombongan penyanyi Latvia bernama Bombaloo, yang melakukan tour musik ke Moskow, Rusia dan Yerevan, Armenia.  Shalmali mulai menyanyi secara professional di Mumbai dalam beberapa tahun ini. Dia juga pernah berakting di film berjudul Tu Maza Jeev (2009) yang dibuat dalam bahasa Marathi dan disutradarai oleh Ranjan Singh Shalmali membuat debutnya sebagai vokalis utama sebagai penyanyi playback di Bollywood dalam lagu Pareshaan,  soundtrack  film Ishaqzaade (2012) di bawah arahan pemusik handal Amit Trivedi, yang banyak mendapat pujian.

Lagu yang akhirnya mengantarkannya sebagai Penyanyi Playback Wanita Terbaik 2013 di ajang bergengsi Filmfare Awards yang berlangsung 20 Januari lalu. Lagu keduanya sebagai Penyanyi Playback adalah  Daru Desi dari film Cocktail, juga menjadi hits di India dan sekitarnya. Tak hanya itu, Shalmali juga menyanyikan lagu Aga Bai dari film yang dibintangi Rani Mukherjee, Aiyyaa. Dan lagu terbarunya di antaranya adalah Lat Lag Gayi soundtrack film Race 2, yang dibintangi Saif Ali Khan, Deepika Padukone, John Abraham, Anil Kapoor dan banyak lagi. *(MT/Samar)

Biodata Pribadi :
Nama           :  Shalmali Kholgade
Lahir             :  2 Januari 1990 (usia 23 tahun)
Tinggal          :  Mumbai, India
Genre Musik :  Musik Baru
                       Musik Hindustan Klasik
Status          :  Penyanyi Vokal
Aktif             :  2012 – sampai sekarang

Filmography :    
2012 – Pareshaan (Ishaqzaade)
2012 – Daaru Desi (Cocktail)
2012 -  Aga Bai (Aiyyaa)
2013 – Muzhe To Teri Lat Lag Gayi (Race 2)
2013 – Raja Raja (Naan Rajavaga/Tamil)    
    
    
    

 

sam

No comment

Leave a Response