Sertijab Dandim di Korem 084 Surabaya

 

Matamatanews.com, SURABAYA – Upacara serah terima kedua pejabat di jajaran Korem 084/Bhaskara Jaya dipimpin langsung Komandan Korem Kolonel Czi Denny Herman di Aula Makorem Jl. A. Yani no.1 Surabaya,Jawa Timur.

Pergantian jabatan Komandan Kodim (Dandim) 0816/Sidoarjo dari Letnan Kolonel Inf Andre Julian,S.I.P kepada Letnan Kolonel Inf Fadli Mulyono,S.I.P dan Dandim 0817/Gresik dari Letnan Kolonel Arm Hendro Setyadi, SH kepada Letnan Kolonel Kav Widodo Pujianto, SH dan dihadiri oleh Kasrem 084 Letkol Inf Herry Suprapto, S.Sos, M.Sos, para Dandim dan Kasi serta Kabalak jajaran Korem 084/BJ.

Kolonel Czi Denny Herman (Danrem) mengatakan, “bahwa tantangan tugas yang akan kita hadapi dimasa mendatang bukannya semakin ringan, berbagai fenomena yang timbul di masyarakat telah mempengaruhi kehidupan prajurit bahkan ada kelompok–kelompok tertentu yang berusaha dengan berbagai cara untuk melemahkan sendi-sendi kehidupan dan ini harus disikapi dengan arif dan bijaksana agar dapat mengurangi serta mencegah semakin kompleknya permasalahan”.

Tugas pokok Kodim adalah menyelenggarakan kemampuan, kekuatan serta menyelenggarakan pembinaan teritorial, pembinaan satuan dan perlawanan rakyat secara terus menerus di wilayahnya untuk menciptakan wilayah pertahanan darat dan  menjaga keamanan wilayahnya dalam rangka mendukung tercapainya tugas pokok Korem, Tegas Danrem.

Untuk itu pahami, bahwa pembinaan teritorial adalah fungsi utama TNI AD, sehingga setiap prajurit adalah insan teritorial yang dituntut mampu melaksanakan serbuan teritorial di tengah-tengah masyarakat. sebagai pilar utama tetap tegaknya kemanunggalan TNI  Rakyat, keberadaan prajurit harus selalu dinantikan dan diharapkan oleh masyarakat, sehingga prajurit akan selalu mencintai dan dicintai rakyatnya. Setiap prajurit harus mampu menunjukkan sikap dan perilaku prajurit yang jujur, disiplin, bermoral, santun, arif bijaksana, akomodatif, serta tidak arogan dan merasa paling hebat, Ujar Danrem.

Pamen dengan tiga melati dipundaknya itu berharap agar Kodim sebagai aparat komando kewilayahan mampu menciptakan iklim yang kondusif melalui komunikasi, dialog, interaksi, koordinasi  dan kerjasama yang intensif serta konstruktif dengan aparat terkait, stake holder dan segenap komponen masyarakat dalam membangun naluri, kepekaan dan keberpihakan sosial kepada masyarakat kecil terutama kaum petani, guna mensukseskan program ketahanan pangan untuk mencapai target swasembada pangan serta mensukseskan program tanam cabai guna mengatasi tingginya harga cabai di pasaran saat ini.

Untuk mencapai semua harus ditingkatkan kekompakan, kerjasama dan sinergitas dengan Pemda, Kepolisian dan Instansi terkait, melibatkan seluruh komponen masyarakat baik tokoh masyarakat, agama, pemuda  yang ada di wilayah, untuk deteksi dini, antisipasi cepat, cegah dini terutama dalam menangkal berkembangnya narkoba, terorisme, ideologi radikal, serta pembinaan kesiapan satuan dengan baik dan untuk mewujudkan prajurit yang siap untuk menghadapi segala penugasan (Nizam/Nailul/MC Kodam Brawijaya).   

sam

No comment

Leave a Response